Klub 27 kadang disebut sebagai The Forever 27 Club atau The Curse 27. Klub 27 adalah judul untuk grup epitomic yang  merujuk kepada musisi populer yang telah meninggal pada usia 27. Dorongan untuk penciptaan klub adalah kematian Jones, Hendrix, Joplin dan Morrison. Cobain yang meninggal pada tahun 1994, kemudian ditambah oleh beberapa musisi bersama dengan Winehouse pada tahun 2011 karena liputan media yang luas akan kematiannya berkaitan dengan klub.

 

Klub 27 telah berulang kali dikutip dalam majalah musik, jurnal dan pers harian.  Ada berbagai teori dan spekulasi tentang penyebab kematian dini tersebut, sering sebagai akibat dari penyalahgunaan narkoba dan alkohol. Hubungan pertama kali ditempatkan dalam waktu singkat sekitar 1970 ketika Brian Jones, Jimi Hendrix , Janis Joplin dan Jim Morrison meninggal pada usia 27 tahun.

 

Berikut adalah beberapa musisi populer yang meninggal pada usia 27 tahun:

  1. Amy Winehouse

Amy Jade Winehouse lahir  pada 14 September 1983 di Southgate, London, dari ayah Mitchell Winehouse dan ibu Janis. Amy Winehouse adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu soul, jazz, dan R&B dari Inggris. Pada usia 10 ia mendirikan duo rap Sweet n Sour. Ia belajar gitar pada usia 13. Ketika berusia 16 tahun, ia mulai menyanyi secara profesional setelah temannya,Tyler James memberi kaset demonya ke seorang A&R. Amy Winehouse dikotrak oleh Island / Universal, dibawah manajemen 19 Management milik Simon Fuller.

Album perdananya, Frank dirilis pada tanggal 20 Oktober 2003 dan dinominasikan untuk Mercury Prize. Winehouse adalah pemenang Ivor Novello Awards dua kali pertama pada 2004 untuk single perdananya Stronger than Me dan kedua pada 2007 untuk single Rehab. Pada14 Februari 2007, Amy Winehouse memenangkan BRIT Awards untuk Best British Female Artist.

Amy Winehouse meninggal karena keracunan alkohol 23 Juli 2011 pada usia 27 tahun. Albumnya Back to Black anumerta menjadi album Inggris terlaris abad ke-21, pada saat itu.  Pada tahun 2012, Winehouse tercatat di nomor 26 pada VH1 ‘s 100 Greatest Perempuan Dalam Musik.

 

  1. Kurt Cobain

Orang yang berkelakuan aneh dan penuh inspirasi. Ingatlah, lebih baik terbakar habis daripada memudar adalah kata terakhirnya yang ditulis dalam sebuah surat. Walupun bukan penggemar lagu-lagu Nirvana saya mengangumi perjalanan hidup Kurt dan imajinasinya sebagai seorang manusia. Kurt Donald Cobain lahir pada tanggal 20 Februari, 1967 di Grays Harbor Hospital di Aberdeen, Washington. Keluarga Cobain memiliki latar belakang musik. Kurt Cobain adalah penyanyi, penulis lagu dan gitaris band Nirvana. Pada 1991 Nirvana merilis album kedua dibawah major label DGC Records dan lagu yang judulnya terinspirasi dari merek sebuah deodorant Teen Spirit meledak.

Lagu smells Like Teen Spirit Membuat sebuah perubahan besar dalam musik pop dunia. Dengan sukses band ini Cobain menjadi selebriti nasional dan internasional suatu posisi yang disandangnya dengan berat hati. Setelah berhenti tur di Terminal Eins di Munich, Jerman, pada tanggal 1 Maret 1994, Cobain didiagnosa dengan bronchitis dan radang tenggorokan parah. Ia terbang ke Roma hari berikutnya untuk perawatan medis dan tinggal disana bersma istrinya Courtney Love pada tanggal 3 Maret 1994. Keesokan paginya, Love terbangun untuk menemukan bahwa Cobain telah overdosis pada kombinasi sampanye dan Rohypnol. Cobain langsung dilarikan ke rumah sakit. Setelah lima hari di rumah sakit Cobain dibebaskan dan kembali ke Seattle. Courtney menyatakan bahwa insiden itu adalah usaha bunuh diri pertama Cobain. Pada tanggal 3 April, Courtney menghubungi seorang private investigator, Tom Grant, dan menyewanya untuk menemukan Cobain. Kemudian pada tanggal 8 april 1994, jenazah Cobain ditemukan di sebuah ruangan di atas garasi rumahnya di Lake Washington oleh pegawai Veca Electric bernama Gary Smith. Otopsi kemudian memperkirakan Cobain tewas pada 5 april 1994.

 

  1. Kristen Pfaf 

Dunia musik belum pulih dari kematian Kurt Cobain saat Kristen Pfaff  bassis dari band Hole ini meninggal karena overdosis heroin pada 16 Juni 1994 pada usia 27 tahun,  yangmembuat misteri tentang klub 27 semakin memanas. Kristen Pfaf adalah bassis dari band Hole yang vokalisnya adalah janda Cobain yaitu Courtney Love. Pada tanggal 20 Oktober 1994, Janet Pfaff, ibu Kristen merima penghargaan atas nama putrinya ke Music Hall of Fame Buffalo.

 

  1. Sean Patrick Mccabe

Sean adalah vokalis dari sebuah band punk dari Philadelphia , Pennsylvania yang aktif di tahun 1990-an Ink & Dagger. Pada tahun 1999, Ink & Dagger secara resmi mengumumkan bahwa mereka bubar. Tak lama setelah rekaman yang akan menjadi album terakhir band, penyanyi Sean Patrick McCabe ditemukan tewas di sebuah motel kamar di Indiana pada tahun 2000, pada usia 27.

 

  1. Mia Zapata

Mia Katherine Zapata lahir 25 Agustus 1965 di Louisville, Kentucky . Dia belajar cara bermain gitar dan piano pada usia sembilan.  Pada tahun 1984, ia mendaftar di Universitas Antioch   di Yellow Springs, Ohio sebagai mahasiswa seni liberal. Mia Zapata dan tiga temannya membentuk band rock punk Gits saat kuliah di Ohio Pada bulan September 1986.  Zapata sangat dipengaruhi oleh penyanyi blues seperti Bessie Smith dan Billie Holiday. Tapi karir bernyanyi Zapata tidak mendapatkan respon yang baik sampai tahun 1989 ketika kelompok ini pindah ke Seattle, Washington, di mana grunge perlahan-lahan mendapatkan popularitas nasional. Album Gits pertama Frenching the Bully , dirilis pada tahun 1992 dibawah label indie. Sayangnya, dia tidak pernah cukup mencapai mimpinya. Dia ditemukan terbunuh di jalan tidak jauh dari rumahnya di dekat Tavern Comet di Seattle pada pagi hari tanggal 7 Juli 1993. Hampir sepuluh tahun setelah pembunuhan itu, seorang pria Florida bernama Yesus Mezquia dikaitkan dengan DNA pembunuhan Mia. Juri menghukum Mezquia atas pembunuhan Zapata pada 25 Maret 2004, dan menghukumnya 36 tahun penjara.

 

  1. Jim Morrisson

Penuh dengan mistik, penyair, dukun, Video director, simbol sex dan vokalis dari  grup  Rock yang banyak mempengaruhi Band di seluruh dunia The Doors. Jim Morrison  lahir di Melbourne, Florida, Amerika Serikat, pada 8 Desember 1943. Menurut majalah Rolling Stone, Jim Morrisson merupakan salah satu dari 100 penyanyi terbesar sepanjang masa.  Album pertama The Doors dirilis pada tahun 1967.  Singel kedua mereka yang berjudul Light My Fire berhasil menduduki peringkat pertama di Billboard Hot 100 pada bulan Juni di tahun tersebut.

Di puncak popularitasnya, Jim mengalami ketergantungan pada alkohol, obat-obatan terlarang, dan juga seks. Salah satu kontroversi besar yang pernah dilakukan Jim Morrison adalah saat ia tampil di Dinner Key Auditorium, Miami, pada 1 Maret 1969. Dia menunjukkan bagian tubuhnya yang vulgar kepada para penonton. Jim Morrison meninggal pada usia 27 tahun di Paris pada 3 Juli 1971. Pacar Jim, Pamella Courson menemukan jenazah Jim di dalam bak mandi. Diduga penyebab kematian Jim Morrison adalah akibat serangan jantung.  Beberapa kemungkinan penyebab kematian Jim telah dikemukakan berbagai sumber. Salah satunya berasal dari Sam Bernett, seorang pengelola klub malam di Paris, menyatakan ia meminta seorang dokter, seorang pelanggan klub, untuk memeriksa penyanyi. “Ketika kami menemukannya tewas, ia memiliki sedikit busa di hidungnya, dan beberapa darah juga, dan dokter mengatakan, ‘Itu pasti overdosis heroin,'” kata Bernett. Bernett menambahkan bahwa ia tidak melihat Morrison mengambil heroin setiap malam , namun ia mengatakan penyanyi itu dikenal untuk mengendus obat karena ia takut jarum. Berhubung tidak dilakukan otopsi jenazahnya, maka penyebab kematian sebenarnya tersebut tidak pernah diketahui secara pasti. Jenazahnya dimakamkan di pemakaman Pére-Lachaise, Paris. Beberapa orang berpikir Morrison memalsukan kematiannya dan pergi ke Afrika.

 

 7.Chriss Bell

Christopher Branford “Chris” Bell Lahir pada 12 Januari 1951 di Memphis, Tennessee. Ia adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan gitaris asal Amerika. . Chriss Bell tersingkir pada tahun 1972 setelah album debut mereka, # 1 Album,’ gagal menemukan kesuksesan.Namun  Musik Bell dan Big Star menjadi populer dengan musisi rock alternatif pada tahun 1980 dari mulut ke mulut. Akhirnya seniman terkenal termasuk REM , Ian Moore , Teenage Fanclub  mulai menggembar-gemborkan rekaman Big Star sebagai karya yang signifikan.

Bell meninggal pada 27 Desember 1978 di usia 27 tahun ketika ia kehilangan kendali atas Triumph TR-7 mobil sportnya menghantam sebuah tiang lampu kayu di sisi jalan dan membunuhnya seketika. Kematiannya pada usia 27 dia mendapat tempat di terkenal klub 27 . Pemakamannya diadakan hari berikutnya, pada 28 Desember.

 

  1. Brian Jones

Brian Jones anak muda ajaib yang multi instrumentalis ini adalah Gitaris yang merangkap sebagai manager band Rolling Stone pertama. Jones menonjol dalam album awal Rolling Stones  sebagai pemain ritem, slide gitar, harmonika dan backing vokal. Tapi dari tahun 1968 dan seterusnya kontribusi jones kepada Rolling Stones berkurang terus, mungkin karena penggunaan narkobanya yang semakin meningkat mengganggu pikirannya dan pada pertengahan 1969 Jones diusir dari band.

Jones berencana untuk memulai band sendiri, tapi ini tidak pernah terjadi. Jones ditemukan tak bergerak di dasar kolam renang di rumahnya pada Cotchford Farm di hartfileld, East Sussexkurang dari sebulan setelah ia dikeluarkan dari Rolling Stone. Laporan koroner menunjukkan Jones meninggal karena kecelakaan. Beberapa orang berpikir jones bunuh diri, yang lain berpikir dia dibunuh. Brian Jones meninggal pada tanggal 3 Juli 1969.

  1. Alan Blind Owl Wilson

Alan “Blind Owl” Christie Wilson lahir di Boston , Massachusetts Amerika pada 4 Juli 1943. Ia dibesarkan di pinggiran Boston of Arlington. Dia mengambil jurusan musik di Boston University  Ia memperoleh julukan “Blind Owl” karena rabun jauh ekstrim, dalam satu contoh ketika dia bermain di pesta pernikahan, ia meletakkan gitarnya pada kue pengantin karena dia tidak melihatnya. Wilson adalah vokalis, gitaris, pemain harmonika dan penulis sebagian besar lagu untuk band blues amerika  Canned Heat. Dengan Canned Heat, Wilson tampil di dua konser besar  pada era 1960-an, Monterey Pop Festival pada tahun 1967 dan Woodstockpada tahun 1969. Wilson telah dilaporkan mencoba bunuh diri dua kali sebelum kematiannya.Wilson meninggal di Topanga Canyon , California dari obat overdosis pada usia 27 tahun .

 

  1. Janis Joplin

Janis Lyn Joplin (lahir di Port Arthur, Texas, Amerika pada 19 Januari 1943. Ia mencapai puncak kesuksesan pada akhir tahun 1960-an sebagai penyanyi solo setelah sebelumnya menjadi vokalis band pychedelic Rock, Big Brother and the Holding Company. Di sekolah ia senang melukis, dan mulai menyanyikan lagu berirama blues dan folk bersama teman-temannya. Ia hampir-hampir tidak mempunyai teman di Sekolah. Joplin pernah berkata, “Aku dulunya anak yang canggung, senang membaca, melukis dan tidak membenci orang berkulit hitam.

Joplin lulus sekolah menengah atas pada tahun 1960, dan sempat kuliah musim panas di Lamar State College of Technology di Beaumont, Texas sebelum melanjutkan ke Universitas Texas di Austin tapi tidak sampai tamat. Sebagai seorang pemberontak, idolanya adalah penyanyi blues wanita dan puisi yang ditulis oleh sastrawan era Beat Generation. Bulan Desember 1962, ketika berada di rumah seorang temannya, Janis Joplin merekam lagu pertama, What Good Can Drinkin’ Do di sebuah pita kaset. Pada tahun 1962, surat kabar kampus memuat cerita tentang Janis Joplin yang diberi judul She Dares To Be Different. Ia pindah dari Texas pada tahun 1963, dan tinggal di North Beach sebelum pindah ke Haight-Ashbury, dan tinggal di North Beach sebelum pindah ke Haight Ashbury. Pada tahun 1964, Joplin dan gitaris Jorma Kaukonen gitaris masa depan Jefferson Airplane beberapa lagu blues standar. Keduanya ditemani Margareta Kaukonen yang memakai mesin ketik sebagai instrumen perkusi. Sesi rekaman tersebut menghasilkan 6 buah lagu: Typewriter Talk, Trouble In Mind, Kansas City Blues, Hesitation Blues, Nobody Knows You When You’re Down And Out, Daddy, Daddy, Daddy, dan Long Black Train Blues. Keenam lagu tersebut dirilis sebagai album bootleg, The Typewriter Tape.

Pada tanggal 4 Oktober 1970 ia dimukan tewas di lantai di samping tempat tidurnya di Hotel Landmark Los Angels. Penyebab resmi kematian adalah karena overdosis heroin, kemungkinan dikombinasikan dengan efek alkohol. Janis Joplin merekam empat album studio dalam kariernya. Dua album pertamanya yang direkam dengan dan sepenuhnya dikreditkan ke Big Brother dan Holding Company dan album kemudian dua pasangan yang.

 

  1. Jimi Hendrix

Saya tidak mau berbicara banyak tentang Jimi Hendrix karena semua Gitaris hebat di dunia ini adalah Fans dari Jimi Hendrix. Dia adalah gitaris yang paling sensasional yang pernah ada di dunia ini. Teknik kontrol bending yang gila-gilaan Tone yang sempurna, phrasing yang indah,  perilaku tak senonoh dengan memainkan tukikan whammy bar, feedback terkontrol (dan yang tidak terkontrol), hammer on dengan nada-nada yang lembut dan dinamika distorsi yang diatur oleh petikan pick. hampir selalu menggunakan tangga nada minor pentatonik, namun solo dan riffnya yang lain juga menonjolkan tangga nada mayor pentatonik, mixolydian, dan natural minor Lahir pada 27 November 1942 dengan nama Johnny Allen Hendrix kemudian diduga diubah oleh ayahnya menjadi James Marshal Hendrix. Lebih dikenal sebagai Pemain rock, tetapi teknik dan pemilihan nadanya tipikal blues. Afro amerika yang terkenal di Inggris. Terpengaruh antara lain oleh BB king, Bob dylan dan Muddy Waters. Ditemukan oleh pemain bas animal Chas Chandler dan membawanya ke inggris. Kemudian di Inggris membentuk Jimi Hendrix Experience pada tahun 1966 dengan Noel Redding sebagai pemain bass dan mitch mitchell sebagai drummer.

 

  1. Robert Johnson

Lahir di Mississippi pada 8 mei 1911, dia adalah salah satu gitaris blues yang banyak mempengaruhi seluruh pemain gitar elektrik blues dan rock. Bisa dikatakan dia adalah King Of The Delta Blues Singer. Merekam 32 lagu dalam hidupnya. Menghilang selama beberapa waktu dan akhirnya kembali sebagai pemain gitar yang jauh lebih baik. Konon katanya dia telah menjual jiwanya pada sang iblis sebagai imbalan atas kelihaiannya dalam memainkan gitar. Robert Johnson meninggal dunia pada 16 agustus 1938.

 

Nama-nama musisi yang meninggal pada usia 27 tahun diatas, walupun ada beberapa  musisi lagi yang meninggal pada usia 27 tahun diantaranya Rudy Lewis-The Drifters, Ron Pigpen McKernan-The Grateful Dead, Pete Ham-Badfinger, Gary Thain-bassisUriah Heep dan Band Hartley Keef, Nay jaffe, Louis Chauvin dan lain-lain.

Source : http://warungmusikita.blogspot.com