Select Page

Gorengan begitu enak bila di konsumsi waktu sore. Apalagi perut lapar sebelum waktunya makan, gorengan pasti menjadi camilan yang menyenangkan. Apalagi gorengan sangat mudah di dapat di gerobak-gerobak atau kios di pinggir jalan.

 

Dibalik rasanya yang nikmat dan renyah, ternyata gorengan tidak baik bila sering di konsumsi, karena gorengan banyak mengandung kolesterol tinggi dan kandungan yang merusak kesehatan lainnya. Fakta miris dibalik nikmatnya gorengan bisa anda baca disini.

 

Selain tidak baik bagi kesehatan, ternyata ada penjual gorengan yang nakal, seperti menambahkan plastik ke dalam minyak gorengan supaya rasa gorengannya lebih renyah serta tahan lama. Nah, sekarang anda mesti mikir dua kali sebelum membeli gorengan. Namun bila anda ingin menikmati gorengan yang enak dan sehat.

 

Tips untuk mengenali ciri-ciri gorengan yang mengandung bahan berbahaya dan tidak layak untuk dikonsumsi berikut ini:

  1. Gorengan dengan warna mengkilap

Gorengan dengan warna mengkilap berarti digoreng dengan minyak goreng yang dicampur dengan plastik. Hindari membeli gorengan dengan warna kuning keemasan mencolok.

 

  1. Pada gorengan terdapat bercak-bercak putih bercak-bercak putih

Pada gorengan ini berasal dari plastik yang dilelehkan di dalam minyak goreng. Plastik ini lelehnya tidak sempurna sehingga menggumpal dan menempel pada kulit gorengan.

 

  1. Gorengan yang renyah tapi sedikit pahit

Anda membeli gorengan sudah berjam-jam yang lalu tapi masih renyah dan berasa sedikit pahit? Maka gorengan yang anda beli mengandung kapur yang dicampurkan pada adonan gorengan. Kapur membuat gorengan awet dan tetap renyah walau sudah dingin selama berjam-jam.

 

  1. Gorengan dijual dengan harga yang sangat murah

Bila anda ditawari untuk membeli gorengan dengan harga yang jauh berbeda dengan yang lainnya maka anda patut curiga karena bisa saja itu gorengan yang sudah basi atau mengandung formalin sehingga awet hingga berhari-hari.

 

  1. Gorengan berbau menyengat

Bila gorengan berbau menyengat dan memiliki rasa yang aneh maka gorengan itu mengandung terlalu banyak MSG dan penyedap rasa lainnya. MSG dan penyedap rasa tidak baik dikonsumsi dalam kuantitas yang banyak jadi hindari membeli gorengan yang seperti ini. Ada banyak cara untuk tetap menikmati gorengan tanpa kekhawatiran. Anda bisa membuat gorengan sendiri karena bagaimanapun juga gorengan yang dimasak sendiri akan lebih sehat dan higienis serta tidak mengandung bahan berbahaya.

 

 

 

Sumber: www.vemale.com, food.idntimes.com