Salah satu cara untuk bebas dari bakteri dan virus adalah dengan tidak menggunakan tujuh benda ini secara bergantian dengan orang lain bahkan anggota keluargamu sendiri. Bukan maksud mencurigai satu sama lain, hal ini dilakukan untuk meminimalisir pertumbuhan bakteri dan virus berkembang pada diri kita. Apa saja benda yang sebaiknya nggak dipakai bergantian dengan orang lain?

 

  1. Handuk

Pernah mencium bau handuk yang khas? Itu sebenarnya bakteri dan jamur yang menempel. Handuk adalah tempat berkembang biak bagi kuman, terutama saat digantung di kamar mandi yang lembap. Menurut pakar kesehatan, Dr. Whitney Bowe yang dikutip dari sebuah wawancara, handuk yang terkontaminasi bisa menularkan infeksi jamur pada kulit, bakteri penyebab jerawat, dan bahkan membuat mata menjadi merah. Handuk juga bisa menularkan bakteri CA-MRSA berbahaya yang bisa hidup dengan sabun. Selain menjaga handuk untuk diri sendiri, Bowe menyarankan untuk mencucinya setelah empat kali penggunaan dan selalu membiarkannya benar-benar kering. Untuk diri sendiri saja harus ekstrak bersih apalagi kalau dipakai bergantian,ya. Hayo ngaku, berapa kali kamu mencuci handukmu?

 

  1. Gunting kuku

Ternyata kebiasaan meminjamkan atau meminjam gunting kuku orang lain itu nggak baik bagi kesehatan, lho. Menggunakan gunting kuku secara bergantian dapat menimbulkan risiko timbulnya jamur pada kuku jari tangan dan jari kaki. Saling bergantian menggunakan gunting kuku dapat memperluas pertumbuhan jamur kuku atau bahkan jenis HPV yang menyebabkan kutil. Jika terpaksa harus menggunakannya secara bergantian, bersihkan gunting kuku dengan alcohol setelah digunakan, namun sebaiknya jangan memakai gunting kuku bergantian, ya!

 

  1. Pinset

Pernah meminjamkan pinset untuk mencabut alis kepada orang lain? Sebaiknya, jangan dilakukan lagi ya. Ternyata meminjamkan atau menggunakan pinset orang lain juga dapat menimbulkan risiko penyakit menular. Pinset menjadi alat yang dengan mudah memindahkan penyakit bawaan darah. Dr. Whitney Bowe mengatakan memang hal ini jarang terjadi, namun pinset yang terkontaminasi mungkin dapat mentrasfer hepatitis C atau HIV. Jika sudah terlanjur, rendam pinsetmu pada cairan alkohol seetelah digunakan orang lain.

 

  1. Anting

Anting-anting juga sebaiknya jangan digunakan secara bergantian. Benda ini juga dapat menularkan infeksi melalu darah. Bersihkan anting-anting dengan alkohol sebelum dan sesudah dipakai bergantian atau sama sekali tidak dipinjamkan kepada orang lain.

 

  1. Earbuds

Mungkin awalnya nggak masalah meminjamkan atau meminjam earbuds orang lain. Ternyata, ini termasuk benda yang sebaiknya nggak dipakai bergantian lho. Pada sebuah studi kesehatan menunjukkan bahwa benda ini menghasilkan banyak bakteri dari telinga. Apalagi jika earbuds sering digunakan saat berolahraga, dimana terjadi kelembapan yang membuat bakteri semakin mudah terbentuk. Bakteri tersebut kemunkinan dapat menyebabkan infeksi, bisul, atau putsula. Wah, seram yah!

 

  1. Sikat gigi

Sikat gigi paling mudah terkontaminasi bakteri, bahkan saat dibilas setelah selesai digunakan, bakteri pada bulu akan tumbuh dalam semalaman. Bayangkan kalau digunakan secara bergantian, berapa banyak bakteri yang dihasilkan. Bakteri yang berasal dari mulut orang lain dapat menularkan pathogen yang bisa menyebabkan flu dan penyakit lainnya. Belum lagi kalau orang lain yang menggunakan sikat gigi kita mengalami pendarahan pada gusinya. Eww!

 

  1. Makeup product

Yang satu ini memang sulit sih, tapi demi kesehatan sebaiknya jangan menggunakan produk kecantikan secara bergantian. Salah satu produk yang lebih baik tidak digunakan secara bergantian adalah sponge powder atau kuas makeup. Produk tersebut bisa menyebarkan bakteri penyebab jerawat. Hal ini dikarenakan jerawat, minyak, dan bakteri orang lain menyentuh wajah kita.

 

 

Sumber: www.cosmogirl.co.id