+62 31 596 3367 spiritsurabaya@yahoo.com

Kata “aging” tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita.. Ya, aging adalah proses penuaan. Lahir, tumbuh, menua, dan meninggal adalah siklus kehidupan yang pastinya dijalani semua orang… Namun, hampir semua orang tidak ingin mengalami proses menua ini. Banyak diantara kita yang takut dengan bertambahnya usia, takut terhadap bertambahnya kerut disana-sini. Semua orang ingin terlihat awet muda.

Lantas, bagaimana dengan Anda sendiri..?

Mari kita bahas lebih lanjut tentang proses aging ini. Aging adalah proses hilangnya kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri dan mempertahankan struktur normalnya, serta memperbaiki kerusakan yang diderita. Beberapa orang mengalami penuaan sesuai usianya, namun ada beberapa orang yang mengalami proses penuaan lebih cepat dari usia seharusnya. Pada dasarnya, penuaan dini ini kerap terjadi pada seseorang yang memiliki jenis kulit yang kering. Pada jenis kulit kering, kadar sebum yang merupakan kandungan minyak untuk melindungi kulit dari polusi dan melembabkan kulit kadarnya sangat kurang. Penuaan dini biasanya terlihat ketika kulit terlihat kering, pecah-pecah, bersisik, kasar, dan disertai dengan tampak keriput serta timbulnya flek dan noda hitam (terutama di bagian wajah).

FAKTOR PENYEBAB AGING

Jika Anda tidak ingin mengalami penuaan, apalagi penuaan dini, Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya. Pada umumnya, penuaan dini disebabkan oleh adanya dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal antara lain keturunan/ genetik, hormonal, kejiwaan/ psikis, kesehatan, ini tentunya tidak bisa dihindari karena merupakan proses alamiah pada manusia.. Sedangkan untuk faktor yang disebabkan oleh faktor eksternal antara lain meliputi:

  • Asap rokok. Tahukah anda, selain berbahaya bagi kesehatan paru-paru, asap rokok juga merusak kolagen, dan menyebabkan kulit kehilangan cairan, serta menyebabkan regenerasi kulit terganggu.
  • Alkohol. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol menyebabkan pola makan cenderung buruk, dan pada akhirnya asupan nutrisi menurun.
  • Sinar matahari. Sinar matahari merupakan faktor eksternal yang cukup memberikan pengaruh signifikan bagi seseorang yang menderita penuaan dini. Waktu yang paling berbahaya untuk dihindari yakni antara jam 10.00-15.00. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tabir surya pada bagian wajah dan bagian tubuh lainnya yang terbuka untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari secara langsung.
  • Nutrisi yang buruk. Makanan yang rendah serat, vitamin, antioksidan sangat mempengaruhi kesehatan kulit kita.
  • Radikal bebas. Radikal bebas merupakan efek dari adanya polusi lingkungan, pemakaian air yang tercampur dengan bahan-bahan kimia, perubahan cuaca yang ekstrem serta faktor lainnya yang bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan kolagen. Radikal bebas merupakan molekul ganas yang menggerogoti sel-sel tubuh termasuk di dalamnya jaringan kolagen.
  • Polusi udara dan penceramaran lingkungan
TANDA-TANDA AGING
  • Kulit kering
  • Pori-pori membesar
  • Timbul flek/ age spot
  • Kulit tampak kendur
  • Kulit tampak keriput
CARA MENJAGA KESEHATAN KULIT DAN MENCEGAH PENUAAN DINI

Tips-tips berikut ini dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikan Anda:

  1. Pola hidup sehat.
    • Banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah segar sebagai antioksidan alami dan sumber nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Jangan lupa untuk menghindari junk food dan produk-produk olahan
    • Olahraga teratur. Olahraga secara teratur sangat membantu dalam melancarkan aliran darah sehingga berimplikasi pada asupan oksigen dan nutrisi pada sel-sel lebih baik serta sangat berperan dalam pembentukan sel-sel kulit yang baru.
    • Konsumsi air putih untuk menjaga kelebaban kulit
  2. Proteksi kulit dari radikal bebas dan paparan ultraviolet, dengan memakai sunblock
  3. Melakukan perawatan secara teratur. Bisa dengan facial, masker, peeling, dll. Konsultasikan pada ahlinya untuk mendapat perawatan yang tepat.

Itulah beberapa hal yang patut diperhatikan untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Rawatlah kulitmu sedini mungkin untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Salam sehat, salam cantik.