+62 31 596 3367 spiritsurabaya@yahoo.com

Panas-panas paling enak memang minum es kelapa muda atau kalau di jawa timur sering di sebut es degan. Hmm…. seger banget deh rasanya, di tambah daging kelapa muda yang lembut juga.  Kalian pasti pernah menikmati es kelapa muda/es degan ini, atau bahkan sering? Karena memang sekarang sudah banyak penjual es degan ini, baik di tempat wisata, di jalan-jalan atau di mall. Kalian tau nggak kenapa yang dipakai kelapa muda? Bukan kelapa tua? Jawabannya bukan karena memang yang muda itu yang lebih enak ya, kayak milih cewek aja… Kalau secara gampang memang daging kelapa muda lebih lembut di banding kelapa tua, juga air kelapa muda itu rasanya lebih ada manis-manisnya di banding air kelapa tua yang cenderung rasanya hambar. Kelapa tua lebih sering di pakai dagingnya untuk santan dan pelengkap jajanan pasar. Tetapi tau nggak kalau di lihat secara gizi dan zat-zat yang terkandung di dalamnya air kelapa tua itu lebih banyak kandungan gizinya lo.

Kamu tahu nggak ternyata air kelapa itu banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita lo. Sekarang aku akan ngasih beberapa manfaat dari air kelapa ini :

  1. Memperlancar PencernaanBagi kamu yang mengalami masalah pada organ sistem pencernaan, seperti masalah susah buang air besar, disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa hijau sebagai obatnya. Kandungan yang ada di dalam air kelapa hijau berkhasiat untuk mengurai racun yang ada di dalam tubuh, sehingga akhirnya racun dan kotoran yang ada di dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui proses buang air besar secara lancar. Air kelapa hijau dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh melalui enzim bioaktif, selain itu air kelapa juga berkhasiat untuk menenangkan usus yang terasa nyeri
  2. Menjaga Kesehatan JantungAir kelapa bisa menjadi minuman yang sangat baik dan bergizi untuk pasien jantung dan diabetes. Menurut situs Draxe.com, beberapa elektrolit yang ditemukan di dalam air kelapa, khususnya kalsium dan magnesium, membantu untuk mnurunkan resiko stres dan mencegah ketegangan otot. Kekurangan mineral dapat memicu resiko tinggi mengalami stres. Manfaat kallsium, selain menjaga gigi dan tulang agar sehat dan kuat, kalsium membantu relaksasi otot polos. membantu menjaga semua otot agar rileks, yang termasuk otot jantung, sehingga bermanfaat untuk menurunkan risiko serangan jantung. Sebuah studi 2006 menemukan bahwa tikus yang diberikan air kelapa memiliki kesempatan untuk tidak terkena serangan jantung lebih besar. Air kelapa membantu menurunkan kadar kolesterol total trigliserida, dan kolesterol LDL, khususnya kolesterol yang ditemukan dalam hati.
  3. Mengatasi dan Mencegah InfeksiAir kelapa juga bisa berperan sebagai “obat alami” yang berguna untuk menyembuhkan infeksi urin. Di negara-negara Asia di mana kelapa berlimpah, air kelapa digunakan untuk mencegah infeksi saluran kemih. Air kelapa dapat menjadi diuretik alami untuk menghancurkan bakteri dari saluran kemih.  Minum air kelapa dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Jika wanita mengalami masalah infeksi pada vagina, maka disarankan sering minum air kelapa.
  4. Menurunkan Berat Badan
    Tentunya kita tidak ingin mengalami berat badan yang berlebihan (obesitas), terutama untuk kebanyakan wanita yang “mati-matian” menjaga berat badannya agar tidak berlebihan. Sehingga tidak sedikit wanita yang mengkonsumsi obat-obatan untuk mendapatkan berat badan ideal secara instan. Akan tetapi penggunaan obat kimia untuk penurun berat badan seperti terdapat efek samping yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, harga dari obat penurun berat badan seperti itu umumnya tidaklah murah. Maka dari itu, yang lebih disarankan dalam usaha menurunkan berat badan adalah rajin minum air kelapa hijau. Kandungan-kandungan yang terdapat di dalam air kelapa hijau memiliki kegunaan untuk menurunkan berat badan secara alami. Di dalam air kelapa hijau memiliki kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang rendah. Selain itu, tidak ada efek samping atau dampak buruk dari mengkonsumsi air kelapa hijau, sehingga disarankan minum air kepala sebagai “obat” penurun berat badan.
  5. Menjaga Kesehatan GinjalGinjal merupakan organ yang fungsinya sangat penting bagi tubuh kita. Dengan mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin, bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada ginjal. Menurut Kidneyfailureweb.com, banyak penelitian yang menemukan bahwa air kelapa muda memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri, anti-inflamasi dan antioksidan. Bagi orang-orang yang mengalami penyakit ginjal, lebih rentan terhadap masalah infeksi dan inflamasi. Sehingga mengonsumsi air kelapa hal yang baik untuk mereka. Beberapa zat dalam air kelapa memiliki fungsi diuretik, agar limbah dan racun dapat lebih baik dan lancar untuk dikeluarkan dari tubuh. Minum air kelapa dapat menyediakan kecukupan pasokan cairan ke sel-sel ginjal, bermanfaat untuk meningkatkan energi pasien, meningkatkan volume darah dan mencegah masalah kulit. Dengan lebih banyak energi, maka memberikan manfaat pada pasien agar mampu melawan penyakit.
  6. Mengobati Penyakit MigranKandungan magnesium yang terdapat di dalam air kelapa hijau membantu untuk menurunkan gejala penyakit migran yang dirasakan, sehingga membantu agar aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan lancar. Menurut Bembu.com, air kelapa dapat membantu untuk mencegah migrain, dengan kandungan magnesium yang dikandungnya. Air kelapa menjadi cara yang lezat untuk memperoleh kandungan magnesium yang cukup ke dalam sistem tubuh. Hal ini lebih baik, dari pada mengandalkan suplemen magnesium, dimana tubuh akan sedikit mengalami masalah untuk menyerapnya. Adapun minum air kelapa menjadi cara alami dan aman untuk memperoleh nutrisi penting seperti magnesium yang mencukupi bagi tubuh, dan mampu mencegah serta mengatasi sakit kepala maupun migrain.
  7. Memperlambat PenuaanAir kelapa dapat membuat kulit tampak lebih muda dan halus. Asam laurat dan sitokinin dikatakan dapat menyeimbangkan kadar pH, memperkuat jaringan ikat dan bahkan menurunkan risiko penyakit yang berkaitan dengan usia. Kamu bisa mengoleskan ke kulit untuk mengurangi jerawat, selulit, eksim, stretch mark, keriput, bintik-bintik usia dan kulit kendur. Walaupun kebenaran informasi ini perlu mendapatkan bukti dari penelitian dari para ahli.
  8. Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap StabilAir kelapa hijau yang mengandung magnesium dan kalium yang membantu untuk menjada tekanan darah secara alami agar tetap stabil, bagi penderita darah tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mampu memperbaiki sirkulasi darah, dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke, kata Dr Bruce Fife, direktur Kelapa Research Center. Dia juga mengklaim bahwa manfaar air kelapa untu membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak, menjaga penyerapan gula dan meningkatkan sensitivitas insulin. “Orang yang menghadapi risiko tekanan darah tinggi dan stroke membutuhkan lebih banyak kandungan kalium dan natrium, tapi saya ingin melihat penelitian lebih lanjut tentang (air kelapa), kolesterol dan diabetes,” ujar ahli kesehatan.
  9. Menurunkan Resiko DepresiMenurut bembu.com, magnesium yang terkandung di dalam air kelapa sudah terbukti secara klinis membantu mengobati gejala-gejala depresi. Minum air kelapa membantumu untuk menjaga kondisi pikiran yang sehat, hal itu karena kandungan magnesium merupakan mineral penting untuk menjaga fungsi otak. Dengan rajin konsumsi air kelapa, dapat membantumu untuk mencapai suasana hati (mood) yang lebih positif, sehingga aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan kegembiaraan dan semangat.

 

Masih ada beberapa manfaat dari air kelapa yang sudah umum masyarakat ketahui seperti untuk menghilangkan dehidrasi dan untuk menetralisir racun dan sisa obat dalam tubuh. Tetapi meskipun manfaat air kelapa sangat banyak, tetap saja kita tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebih sebab seperti yang kita tahu segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Mengkonsumsi air kelapa secara berlebih bisa mengakibatkan diare. Demikian yang bisa di bagikan saat ini, semoga bermanfaat.