Select Page

Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi oatmel karena mengandung banyak nutrisi.  Namun jika anda terlalu banyak mengonsumsinya oatmeal akan beresiko terkena beberapa dampak penyakit. Makanan yang satu ini bukanlah jenis makanan yang bisa dikonsumsi lebih banyak karena mengandung gula dan rasa yang berasal dari buah-buahan. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa yang lebih lezat pada oatmeal ketika dikonsumsi, tidak hanya hambar. Makanan yang berbentuk serpihan kasar ini bisa langsung dikonsumsi tanpa harus dimasak. Didalam oatmeal instan sudah ada penambahan gula dan aroma buah buahan untuk peningkatan citarasa. Oatmeal instant dapat dikonsumsi anak anak, orang dewasa atau lanjut usia. Bahaya jika terlalu banyak konsumsi oatmeal:

 

1. Kegemukan

Kandungan karbohidrat, lemak jenuh, ditambah dengan gula yang terdapat dalam oatmeal instan mampu membuat tubuh anda mengalami peningkatan berat badan. Tubuh anda akan menerima tumpukan lemak yang berbahaya bagi kesehatan.

 

2. Meningkatkan gula darah

Oatmeal instant memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dan jika dikonsumsi secara berlebihan setiap hari maka dalam waktu 2 bulan saja peningkatan gula dalam darah tidak dapat dihindari, Kondisi tersebur berpotensi terserang penyakit diabetes.

 

3. Keracunan

Oatmeal adalah bahan pangan non organik yang sempat mendapat penyemprotan oleh para petani dengan menggunakan pestisida agar tumbuhan oat tidak diserang hama. Disinyalir pestisida dapat mengendap dan tersimpan baik dalam serpihan oat ketika sudah menjadi kemasan yang siap dikonsumsi. Menyantap oatmeal instant secara berlebihan dapat menyebabkan keracunan akibat zat pestisida yang tertinggal didalamnya saat pengolahanya.

 

4. Gangguan kesehatan tulang

Penyerapan kalsium di tubuh anda akan terhambat sehingga tulang pun menjadi rapuh dan mudah diserang penyakit. Hal ini disebabkan oleh terlalu banyaknya konsumsi oatmeal instan yang menyebabkan kelebihan nutrisi di dalam tubuh.

 

5. Memperlambat penyerapan magnesium

Mengkonsumsi oatmeal instant setiap hari sangat baik bagi kesehatan tubuh, Namun jika dengan takaran yang berlebihan dapat menghambat proses penyerapan mineral jenis magnesium dari saluran usus menuju jaringan darah.

 

6. Merusak gigi

Tidak hanya tulang saja, namun juga kesehatan gigi anda akan terganggu. Struktur tulang dan gigi hampir sama, sehingga jika kesehatan tulang anda buruk karena konsumsi oatmeal terlalu banyak, maka gigi anda juga akan mengalami kerusakan.

 

7. Kerusakan gigi

Kandungan gula pada oatmeal instant sering melekat pada permukaan gigi dan tersembunyi disela sela gigi. Jika tidak membersihkan gigi setelah mengkonsumsinya maka akan terjadi penguraian bakteri yang dapat merusak lapisan gigi serta akarnya. Bahaya oatmeal instant sering berupa kerusakan gigi yang dialami banyak anak anak karena tidak menggosok giginya sebelum tidur. Bukan berarti kamu tidak disarankan mengkonsumsi oatmel instan

 

Solusi terbaik

Cara mudah melipatgandakan nutrisi oatmeal instant agar terhindar dari dampak buruknya.

  • Menambahakan susu rendah kalori dan air jeruk lemon.
  • Menambahkan irisan buah segar misalnya nanas, buah naga merah dan sebagainya
  • Menambahkan sayuran yang sebelumnya telah dikukus misalnya bayam atau brokoli
  • Menambahkan kedelai yang sebelumnya telah dikukus
  • Menambahkan kacang merah bersama gandum utuh secukupnya.

Penambahan bahan bahan makanan bernutrisi pada oatmeal instant ditujukan untuk menambah citarasa dan menetralisir kandungan lemak jenuh yang ada didalmnya sehingga oat nikmat dan lebih sehat bagi anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan maupun orang dewasa yang sedang dalam program diet seimbang. Sebaiknya mengkonsumsi oatmeal instant 2 sampai 3 kali sehari dalam takaran mangkuk kecil sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi yang ada didalamnya secara maksimal dan bahaya oatmeal instant akan mudah dihindari lebih dini.

 

Sumber: www.virtual.co.id, www. halosehat.com