+62 31 596 3367 spiritsurabaya@yahoo.com

Selain nasi goreng, bakso merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia, mulai dari orang tua sampai anak kecil sangat suka dengan yang namanya bakso, apalagi bagi yang sedang membaca tulisan ini hehee.. Uniknya, di seluruh Indonesia ini kan bakso tersedia, namun rasanya bisa beda-beda. Nah, diantara ratusan bakso yang tersedia di Indonesia Raya, berikut ada bakso paling unik yang kita review. Pastikan kamu segera mencobanya ya…

 

1.BAKSO BARBEL

Kalau kamu menganggap bakso selalu bulat, kamu salah. Datang ke bakso barbel ini kamu akan gamang, mau makan atau malah olahraga? Siapa sangka kuliner bakso barbel ini ternyata milik si Agung Hercules. Sama seperti mikrofong bentuk dumbell yang kerap dipakainya saat bernyanyi, bentuk bakso Malang produksinya juga serupa alat olahraga itu. Nggak hanya baksonya saja, namun mangkok, sendok, garpu, tempat sambal, hingga bangku yang digunakan pun berbentuk dumbell. Totalitas banget ya? Kuliner unik ini hadir di Bandung, tepatnya di daerah Antapani dan Jalan Riau.

 2. BAKSO PENYET

Bakso nggak hanya enak dimakan dengan kuah gurih saja. Pasalnya, makanan bertekstur kenyal ini pun cocok disantap bersama sambal penyetan yang pedas. Selain ayam dan iga, banyak restoran yang kini berkreasi dengan resep bakso penyetnya. Biasanya, bakso digoreng dan diberi tambahan sambal pedas menyengat. Kalau yang ini, kamu bisa menyantapnya dengan nasi putih yang hangat.

Jadi, gimana? Makin cinta pada Indonesia karena aneka sajian unik baksonya? Kamu sudah coba yang mana aja? Jadiin wish list kamu sampai akhir tahun boleh juga, hihii… Indonesia itu nggak cuma alamnya aja yang surga, tapi juga kulinernya. Jangan lupa ajak dia ya

 3. BAKSO COMBERAN

Dari namanya aja, orang udah pasti bertanya-tanya. Bakso ini disajikan dengan kuah berwarna hitam, mirip air comberan gitu. Tapi tenang saja, bukan beneran kok! Kuah hitam itu asalnya karena dicampur dengan kuah rawon. Bakso ini juga disajikan dengan mie dan tulang ayam.

 4. BAKSO EMPAT RASA

ketika dicicipi, baksonya jauh berbeda. Pasalnya, setiap bakso dari empat rasa ini, pada tengah baksonya berisi bahan asli dari keempat rasa itu. Misalnya bakso durian, pada bagian tengah diisi durian, begitu juga untuk cokelat, dan keju. Sedangkan untuk bakso polote, atau dalam bahasa yang baik, bakso meledak. Pasalnya, pada bagian tengah bakso ini berisi cabai. Kemudian ditambah tahu, mi, bawang goreng, sayur kol, daun bawang, seledri, dan sebagainya, lalu disesuaikan selera pelanggan pakai kecap, saus tomat, lemon, sambel, cuka, dan sebagainya. Setiap isi dari bakso spesial empat rasa,” beber dia. Bakso empat rasa ini dipatok Rp 18.000 per porsi, sedangkan untuk porsi jumbo dipatok Rp 25.000. (ada di Manado).

5. BAKSO BAKAR

Apa itu bakso bakar? Jawabannya secara logika sudah pasti bakso yang dimatangkan dengan cara dibakar atau dipanggang. Beda halnya seperti bakso yang berkuah dan diberi campuran berupa mie kuning, daun bawang, dlsb. Bakso bakar adalah kreasi jajanan sederhana yang cukup populer di dunia kuliner nusantara.

Membahas asal usul bakso bakar sepertinya tidak ada informasi valid karena jika dipikir-pikir, jajanan ini tidak terlalu rahasia dan khas dari daerah tertentu dengan pemberian tanda berupa bumbu-bumbu tertentu. Anda pun bisa membuat bakso bakar sendiri, karena hanya dengan menusuk beberapa buah bakso, kemudian dioleskan mentega dan sambal misalnya, sehabis itu dibakar hingga matang baru dimakan.

 

 

Sumber: www.blogunik.com, www.hipwee.com