Bagaimana cara menghilangkan iklan di Android?” sebelum anda menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut, mari kita berpikir sejenak.

Iklan sejatinya merupakan pedang bermata dua di dunia per-telekomunikasi-an saat ini. Jika mungkin anda menganggap istilah kami tersebut berlebihan maka izinkan kami menjelaskannya.

Iklan bagi para penyedia jasa (baik aplikasi, website, dan segala tetek bengek di dalam internet) merupakan salah satu sumber dana yang menyebabkan mereka tetap hidup. Malahan bisa jadi website yang sering anda kunjungi hanya bertahan hidup dari iklan tersebut. Akan tetapi bagi para user yang mengakses layanan mereka, hal ini bisa jadi amat mengganggu. Tidak terkecuali bagi anda yang menggunakan OS Android. Lantas bagaimana cara menghilangkan iklan di Android?

Kami akan membagikan kepada anda salah satu cara paling mudah untuk menghindari iklan-iklan menjengkelkan yang seringkali muncul tanpa di undang di ponsel Android anda, yakni dengan menggunakan AdBlock Plus (ABP)!


Cara Menghilangkan Iklan di Android Menggunakan AdBlock Plus (ABP)

AdBlock Plus alias ABP mungkin bukanlah barang yang asing bagi anda para pengguna laptop ataupun komputer. ABP hingga saat ini merupakan salah satu aplikasi paling laris dan paling ampuh (setidaknya menurut sang developer) untuk menghalau iklan-iklan yang tidak diinginkan.

Nah ternyata penggunaan ABP pun menjadi salah satu cara menghilangkan iklan di Android yang cukup efektif. Efektif karena ABP di Android disinyalir mampu menghalau iklan-iklan yang muncul mendadak di berbagai macam aplikasi dan games anda. Dengan kata lain ABP bukan hanya mampu menghalau iklan di browser layaknya ABP di komputer, melainkan juga iklan di aplikasi dan permainan anda, keren bukan?

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Nah ABP merupakan salah satu aplikasi gratisan yang cukup baik karena aplikasi ini pun memberikan anda pilihan untuk mengizinkan iklan-iklan yang tidak mengganggu untuk masuk ke dalam ponsel Android anda.

Eits tapi jangan senang dulu, ternyata terakhir kami coba unduh aplikasi ini sudah dibuang dari Google Play Store oleh Google. Namun anda tetap bisa menikmati aplikasi ini, tentunya dengan cara sideloading alias mengunduh file APK dari ABP ini dan melakukan instalasi secara manual di dalam Android anda.

Sebelum anda bisa menginstall file APK yang telah anda unduh secara manual, anda harus mengubah sedikit pengaturan yang ada di ponsel Android anda. Caranya adalah buka apps “settings”, kemudian masuklah ke dalam menu “applications” atau “security” pada OS Android 4.0 ke atas. Setelah itu carilah pilihan “unknown sources”, dan jika pilihan tersebut tidak anda pilih, ketuklah “checkbox” nya dan kemudian ketuk lagi “OK” jika muncul notifikasi konfirmasi.


Cara Menghilangkan Iklan di Android Menggunakan ABP: Instalasi ABP

Jika anda sudah mengubah sedikit pengaturan tersebut, sekarang anda bisa melakukan pengunduhan file ABP di internet. Ada dua cara yang bisa ada tempuh. Cara yang pertama yakni anda melakukan penelusuran melalui browser di komputer atau laptop anda, untuk kemudian anda pindahkan file tersebut ke dalam ponsel Android anda. Cara yang kedua adalah tentu dengan menelusuri file tersebut secara langsung menggunakan browser bawaan di ponsel Android anda. Setelah itu Anda bisa buka file tersebut secara manual menggunakan file manager.

Nah setelah anda berhasil menemukan file APK nya anda bisa tekan dan pilihlah pilihan install. Nah setelah itu tunggu ponsel Android anda bekerja, karena ini akan memakan waktu (cepat kok!).

Ada dua kemungkinan, jika ponsel Andoid Anda pernah di rooting maka aplikasi ABP secara otomatis akan meminta izin untuk super user. Anda tinggal izinkan aplikasi ini dan mainkan! Namun jika ponsel anda belum pernah di rooting maka anda harus melakukan pengaturan proxy secara manual. Bagaimana cara pengaturan proxy secara manual?


Cara Menghilangkan Iklan di Android Menggunakan ABP: Pengaturan Proxy di Android

Bagaimana? Apakah anda masih semangat untuk melakukan blokade terhadap iklan-iklan di ponsel Android anda? Sedikit rumit memang, tapi bukan tidak mungkin.

Pengaturan proxy merupakan salah satu bagian kecil dari cara menghilangkan iklan di Android menggunakan aplikasi ABP. Sebenarnya tidak terlalu rumit (khususnya bagi anda yang menggunakan OS 4.0 ke atas). Anda cukup membuka apps settings dan kemudian pilihlah Wi-Fi. Di dalam sana, kemudian sambungkanlah ponsel Android anda ke jaringan Wi-Fi rumah anda, namun jangan pilih secara biasa, melainkan tekan pilihan Wi-Fi tersebut dalam waktu yang cukup lama.

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Setelah anda melakukan ini, kemudian tekanlah modify network. Di dalamnya anda bisa tekan pilihan show advanced options untuk kemudian memilih pilihan manual pada menu proxy settings. Di sana pilihlah proxy menjadi localhost dan masukkan proxy port sesuai dengan yang diberikan oleh ABP (biasanya Anda diberikan nomer port ini via notifikasi oleh ABP. Selesai!

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Jika anda menggunakan ponsel Android 2.3 (Gingerbread) maka anda bisa melakukan pengaturan ini di Wi-Fi Settings. Di dalamnya pilihlah Advanced settings. Kemudian pilih localhost pada pilihan Proxy dan masukkan port sesuai dengan yang diberikan oleh ABP. Selesai (lagi)!

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Cara Menghilangkan Iklan di Android Menggunakan ABP: Mainkan!

Setelah anda melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, seharusnya anda bisa mulai melakukan pengaturan dan segera melakukan blok dari segala jenis iklan yang muncul di dalam ponsel Android anda. Beberapa pilihan yagn bisa anda pilih misalnya ads filter lists, non-intrusive ads, dan beberapa pilihan lainnya. Silahkan mencoba!


Cara Menghilangkan Iklan di Android Menggunakan ABP: Memasang Add On di Browser Anda

Sebagaimana aplikasi ABP yang ada di komputer, sebenarnya ABP merupakan aplikasi ekstensi di Chrome atau add ons di Mozilla. Nah anda pun bisa juga memanfaatkan fitur ini di ponsel Android anda. Hanya saja, jika anda melakukan ini tentu saja ABP hanya akan bekerja ketika anda melakukan browsing menggunakan ponsel anda, namun iklan-iklan yang muncul di aplikasi atau permainan tidak akan terblokade. Metode ini sebagaimana cara menghilangkan iklan di Android menggunakan ABP di atas, juga berlaku untuk perangkat yang telah di rooting ataupun yang belum pernah di rooting.

Sebelum anda mulai memasang add ons ABP ini di browser anda, tentu anda harus mengetahui bahwa cara ini hanya berlaku jika anda menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser anda. Oleh karena itu jika ponsel Android anda belum menggunakan browser ini, tentu saja anda harus mengunduh dan menginstall aplikasi ini.

Jika anda sudah melakukan instalasi Mozilla Firefox di dalam ponsel Android anda, maka anda bisa segera mengunduh add on ABP secara resmi di Mozilla Firefox. Setelah anda menemukan add on tersebut anda bisa segera menambahkan dan kemudian menginstallnya ke dalam browser anda. Sebelum anda bisa benar-benar menggunakan ABP di dalam Mozilla Firefox anda, anda harus melakukan restart aplikasi anda terlebih dahulu. Jika sudah tentu saja anda kemudian bisa memanfaatkan aplikasi ini. Hal menarik dari aplikasi add on ABP ini adalah anda pun bisa mengatur beberapa pengaturan khusus yang sama dengan ABP yang ada di browser laptop ataupun komputer anda.

Source: sepulsa.com