+62 31 596 3367 spiritsurabaya@yahoo.com

Hal yang paling ditakutkan ketika memegang hanphone adalah saat saat dimana hp tersebut jatuh dalam air. Akibatnya adalah mati total jika penanganan yang salah. Tapi, mungkin kamu masih bisa menyelamatkan HP yang terkena air jika melakukan penanganan yang tepat, seperti jangan langsung dinyalakan, jangan terlalu banyak bergerak, dan lainnya. Jika suatu saat nanti smartphone kamu kecemplung atau terkena air, sebaiknya ikut langkah-langkah di bawah ini agar hp kamu tidak mati total.

 

  1. Bongkar HP Kamu

Segera bongkar hp kamu ketika terkena air, dimulai dari mematikannya (bila hidup), dan bila mati segera bongkar dan copot bagian baterai, SD card, SIM card. Lalu tempatkan smartphone kamu di atas kain yang kering. Ini bertujuan mengeluarkan air di dalam hp.

 

  1. Gunakan Vacum Cleaner

Meniup hp kamu hanya akan membuat air semakin masuk ke dalam dan nantinya bisa fatal. Tapi gunakanlah vacum cleaner untuk menyedot air dalam hp.

 

  1. Keringkan dengan Cara Dimasukan ke dalam Kantong Beras

Selanjutnya kamu harus mengeringkan hp kamu secara total dengan memasukannya ke dalam kantung yang berisi beras. Sebab beras mampu menyerap kelembaban dengan cepat. Lalu diamkan saja hp kamu selama satu sampai tiga hari.

 

  1. Babak Penentuan

Setelah kamu melakukan semua langkah yang telah di berikan di atas, sekarang adalah saat-saat penentuan apakah HP kamu masih bisa digunakan atau memang sudah rusak. Cobalah rakit kembali HP yang terkena air tersebut. Jika sudah, coba hidupkan kembali HP kamu, apakah masih menyala, atau hp mati total. Jika hp sudah mati total, yang perlu kamu lakukan adalah bersabar dan terima kenyataan bahwa kamu harus membeli HP lagi.

 

Tapi jika HP-mu masih menyala, cobalah melakukan beberapa pengecekan seperti mencoba layar HP kamu, tombol-tombol, speaker, dan port-port yang ada di HP kamu.

 

Apa yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika HP Kena Air

Setelah di jelaskan berbagai macam hal yang harus kamu lakukan ketika HP kena air agar HP tidak mati total, ini adalah hal yang tidak boleh kamu lakukan. Perhatikan baik-baik ya guys!

  1. Jangan pernah mencoba untuk menghidupkan HP kamu. Karena barang elektronik sangatlah ‘bermusuhan’ dengan zat cair.

 

  1. Jangan menyambungkan HP kamu ke tenaga listrik.

 

  1. Jangan tekan tombol apa pun. Satu-satunya tombol yang harus kamu tekan adalah tombol turn off jika HP kamu masih hidup. Karena semakin dalam kamu menekan tombol HP, semakin masuk ke dalam juga air yang ada di HP kamu.

 

  1. Jangan gerakkan HP kamu terlalu banyak. Karena ini akan membuat air di dalam HP bergerak dan menyentuh komponen-komponen lainnya.

 

  1. Jangan panaskan HP kamu, seperti menggunakan hairdryer ataupun oven. Perlu diingat, hawa panas malah justru merusak HP kamu. Jangan sampai kamu malah menambah rusak HP kamu.

 

Sumber: www.viva.co.id, www.viva.co.id