Select Page

Musim penghujan merupakan saat yang tepat untuk virus pilek dan flu mulai berkembang dan menyerang semua orang. Hal yang sangat menyakitkan adalah ketika hidung pun ikut tersumbat karena sangat mengganggu pernafasan kita. Bagi yang mengalami hidung tersumbat, mungkin segera membeli obat di apotek. Namun sering-sering meminum obat juga tidak baik bagi tubuh. Saat hidung tersumbat, mau melakukan aktivitas seperti biasa pun rasanya susah minta ampun. Seperti sepele, tapi sangat mengganggu.
Oleh karena itu, untuk mengatasinya kita akan kasih tahu kamu cara mengatasi hidung tersumbat sebelum kamu mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

1. Mandi Air Hangat
Cara mengatasi hidung tersumbat paling sederhana tapi ampuh adalah mandi menggunakan air hangat. Mandi air hangat bisa membantu kamu untuk mengatasi masalah hidung tersumbat. Uap dari air dapat menembus hidung dan melegakannya. Jadi, saat pilek jangan malas mandi, sebaiknya mandi air hangat bisa melegakan hidungmu yang mampet karena flu.

2. Menghirup Uap Air Hangat yang Dicampur dengan Minyak Kayu Putih
Menghirup uap air efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih.

3. Menghangatkan Badan
Cara mudah lainnya untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan menghangatkan badan, bisa dengan mematikan AC atau kipas angin. Kemudian selimuti badan kita. Cara menghangatkan badan yang lain untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan mandi air hangat.

4. Gunakan Minyak Tawon guna Melegakan Hidung Tersumbat
Minyak tawon memiliki uap yang bisa melonggarkan pernafasan sekaligus membuat jalan bernafas tidak lagi tersumbat. Kamu bisa menggunakan dengan mengoleskan ke dekat hidung.

5. Makan Makanan Pedas juga Ampuh Atasi Hidung Tersumbat
Mengkonsumsi makanan pedas juga merupakan cara terbaik untuk melegakan hidung tersumbat. Rasa pedas dari makanan akan membuat lendir mengalir keluar dengan sendirinya. Konsumsi makanan pedas, seperti paprika, wasabi, dan jahe bisa meredakan hidung tersumbat dan pernafasan kembali lancar.

6. Minumlah Banyak Air Hangat agar Pernafasan Segar Kembali
Kamu membutuhkan air hangat agar kamu tetap terhindar dari dehidrasi dan meredakan nyeri tenggorokan yang sering menyertai hidung tersumbat.

7. Atur Pola Tidurmu Supaya Kamu Bisa Istirahat dengan Cukup
Istirahat yang cukup merupakan salah satu cara mengatasi hidung tersumbat. Tapi sayangnya, hidung mampet ini justru bisa semakin mengganggu di saat hendak tidur. Maka dari itu, ubah pola tidurmu untuk membuat kekebalan tubuh kuat. Semakin baik sistem imun, maka penyakit-penyakit umum, termasuk flu akan sulit untuk kembali.

Sumber: www.merdeka.com