+62 31 596 3367 spiritsurabaya@yahoo.com

Ada banyak alasan yang membuat seseorang malu berbicara di depan umum. Sebenarnya bukan masalah kegagalan yang mereka takutkan. Tapi mereka takut tidak bisa tampil dengan baik, takut lupa, takut kalau dipermalukan, takut audiens lebih pintar dan ketakutan-ketakutan lain yang sumbernya murni berasal dari kekhawatiran berlebihan yang muncul dari dalam diri. Tak mengherankan, mereka memilih diam dalam suatu rapat atau kegiatan sejenis. Jika anda salah satu dari mereka dan ingin keluar dari kondisi tersebut, jangan khawatir.

 

  1. Bersih dan rapi

Sebagai langkah awal sebelum kalian berbicara di depan umum adalah, pakaian yang kalian kenakan harusnya memakai pakaian yang rapi dan bersih. Usahakan kalian memakai pakaian yang sesuai dengan audiens (pendengar). Ini penting untuk menjaga fokus mereka pada materi yang akan kalian sampaikan. Dengan begitu kalian tidak merasa menjadi perhatian karena pakaian. Bagaiamanapun juga pakaian memiliki efek terhadap cara pandang audiens.

 

  1. Lakukan persiapan dengan baik

Tidak pernah atau belum ada suatu pidato atau presentasi yang sukses besar tanpa sebuah persiapan yang baik.

Perlu kamu  ketahui seorang presenter yang terlatih sekali pun melakukan persiapan. Persiapan yang baik akan berdampak pada menguatnya rasa percaya diri. Sehingga akan menggeser rasa takut menjadi sebuah keberanian.

Persiapan yang baik juga akan membantu kamu mengatasi rasa grogi yang kemungkinan muncul menjelang melakukan pidato atau presentasi atau saat-saat pertama berdiri di hadapan orang

 

  1. Kuasai materi

Ini adalah tips pertama untuk mengatasi rasa takut. Pastikan saat kamu akan berbicara di depan umum dan  sudah tahu betul tentang apa yang akan disampaikan. Jangan sekedar tahu, tapi harus menguasai seratus persen. Kalau memang  masih pemula, usahakan kamu  hanya akan berbicara untuk topik-topik atau materi-materi yang sudah kamu kuasai. Kalau pun kamu harus berbicara dengan topik yang belum kamu kuasai sebelumnya. Pastikan kamu masih punya cukup waktu untuk mempelajarinya.

 

  1. Berbicara dengan gaya sendiri

Menjadi diri sendiri jauh lebih baik daripada mencontek gaya orang lain. Mungkin kalian tertarik dengan sebagian public speaker yang berbicara dengan sangat enak atau menarik. Namun ada baiknya kalian tidak mengikuti gaya mereka. Oleh karena itu jika kalian punya gaya bicara sendiri lebih baik kalian kembangkan dengan serius. Sehingga rencana kalian berbicara di depan umum dapat berjalan dengan baik.

 

  1. Lakukan persiapan sebaik mungkin

Persiapan yang matang adalah kunci sukses berbicara di depan umum. Sebelum memulai  persiapkan materi dengan baik. Selain itu ada baiknya juga kalian memperkirakan kemungkinan yang akan terjadi seperti pertanyaan yang muncul supaya tidak terkejut saat tampil dihadapan mereka.

 

  1. Senyum

Terkadang untuk menyembunyikan perasaan grogi sebuah senyuman manis bisa melunturkan ketegangan yang dialami. Fokus pada materi memang baik, tetapi jika kamu dapat memberikan sebuah senyuman interaktif keadaan akan lebih baik lagi.

 

  1. Lakukan kontak mata

Saat kalian berbicara di depan umum usahakan untuk melakukan kontak mata. Dalam arti ketika berbicara kalian melihat ke arah audiens dan tidak melihat ke atas atau ke bawah. Dengan begitu audiens merasa dihargai dan pastinya keadaan tersebut akan menjadikan mereka memiliki respon yang kooperatif.

 

  1. Lupakan standar yang ditetapkan orang lain

Jangan khawatir jika orang-orang menyebut kamu gendut, kurus, pemalas, membosankan, pelit, konyol, dll.. Bertahanlah pada standar yang kamu miliki, bukan pada standar yang dimiliki orang lain. Ingatlah nilai-nilai dan standar-standar yang dimiliki umumnya berbeda dalam masyarakat; kamu tidak harus menerima nilai dan standar tersebut hanya karena orang-orang di sekitar anda menerimanya.

 

 

Sumber: www.duniakaryawan.com, www.ronapresentasi.com, www.akuinginsukses.com