Galau adalah perasaan gundah gulana, bingung, dan gelisah. Pokoknya kalau galau pasti tidak jauh dengan gelisah. Galau itu ibarat “Sesuatu” yang tidak bisa di bayangkan, namun bisa dirasakan dan kehadirannya seolah-olah terjadi akibat adanya gesekan antara bathiniyah dan hasratiyah yg mendorong hasrat untuk tetap tegar walau sebenarnya hancur bagai karang yg di terpa oleh sang ombak. Biasanya sebutan ini untuk mereka yang putusan, atau cintanya ditolak. Tapi tenang, walau galau datang menimpa hidup anda, ada banyak cara untuk mengatasinya.

 

  1. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Kalau sedang galau biasanya orang selalu saja menyalahkan diri sendiri. Bahkan karena terlalu merasa bersalah ada yang rela bunuh diri. Anggaplah semua ini hanya sebatas permasalahn di dalam pengalaman bercinta, sebab cinta itu tidak hanya bahagia saja. Diri anda adalah sesuatu yang nyata, maka dari itu ekspresikanlah apa yang ada di pikiranmu. Kita semua adalah makhluk yang memiliki kelebihan masing-masing. So, kenapa masih menyalahkan diri sendiri?

 

  1. Berhenti Mendengarkan Lagu Berirama Sedih (Bikin Galau)

Hampir semua orang diseluruh dunia kalau galau malah mendownload lagu-lagu yang berirama sedih atau yang di cerita lagunya senasib sama mereka, Tapi itu adalah merupakan kesalahan yang besar. Coba aja deh tiap kali dengerin itu bukanya tambah seneng malah jadi tambah galau bukan?

 

  1. Memahami Bahwa Segala Ujian Merupakan Tingkat Kenaikan Level

Nah, setuju tidak jika saya bilang begini. Semua permasalahan cinta itu adalah ujian dari Tuhan agar kita menaikkan level dalam dunia percintaaan? Kalau ada yang kurang setuju, berarti anda masih menyalahkan diri anda, dan itu adalah hal terbodoh. Jangan pernah anda ingin dibodohi oleh cinta! Lewati semua permasalahan itu dan jangan cengeng.

 

  1. Hadapi, Jangan Dihindari

Permasalahan yang menyebabkan kegalauan adalah hal yang harus kita hadapi, jangan dihindari. Karena jika kita menghindarinya, itu akan membuat kita terus membayangkannya karena tidak ada penyelesaian. Nah, ketika anda menghadapinya, masalah yang membuat galau itu akan mendapatkan penyelesaian atau jalan keluar, nah dengan ditemukannya penyelesaian itu anda akan merasa puas dan terkadang juga masalah itu akan menjadi kenangan dan bahan tertawaan.

 

  1. Merasalah Beruntung

Orang galau kok malah harus merasa beruntung? Karena dengan kegalauan itu anda telah memiliki satu pengalaman yang hebat dalam dunia percintaan. Dan ketika anda menghadapi permasalah yang sama, maka anda akan lebih mudah dalam menyelesaikannya. So, beruntung itu bukan hanya mendapatkan kebahagiaan, tetapi juga bagaimana proses menuju kebahagiaan.

 

  1. Perbanyak Sharing dan Bergaul dengan Teman

Cara ini merupakan hal yang lumayan kuat untuk mengatasi kegalauan kita. Dengan suasana yang ramai dan menyenangkan, itu akan membuat kegalauan menjadi pudar. Namun ingat, setelah pikiran sobat rileks/nyaman, hadapilah dengan segera masalah yang membuat anda galau. Teman baik dapat membantu menyelesaikan masalah dan memberikan kita kesibukan yang bermanfaat. Jadi, gunakan kesempatan itu dengan baik. Namun perlu diingat jangan sampai salah gaul dengan teman yang salah.

 

  1. Perbanyak Ibadah dan Berdo’a kepada Tuhan

Segala permasalahan yang didatangkan Tuhan akan membuat kita menjadi lebih dewasa dalam menghadapi kehidupan ini. Namun harus anda ingat, bahwa usaha tanpa do’a = 0. Tidak ada jalan terhebat dalam mengatasi kegalauan melebihi pendekatan kepada Tuhan.

 

  1. Perbanyak Melakukan/Menyibukan Diri dengan Aktivitas yang Bisa Menghiburmu

Ketika kita melakukan beberapa hal yang dianggap menyenangkan misal hobi kita, kita akan lupa segala masalah  yang melanda kita, jadi lakukanlah itu sesering mungkin. Jadi kalo suka shopping yang shopping terus, kalau suka main game ya maen game terus, kalau suka nonton ya nonton dll. Tapi yang paling penting lakukan itu bersama orang yang dianggap asyik.

 

  1. Jika Masih Tidak Bisa Cobalah ke Psikolog atau Hipnoterapis

Beberapa orang galau jika membaca artikel diatas cuman bilang “Kalo ngomong doank mah gampang”, nah itulah pernyataan keputusasaan tingkat tinggi, coba dulu, tetapi jika memang anda buntet, pergi saja ke psikolog atau hipnoterapis. Di hipnoterapis/psikolog nanti kita bisa menghilangkan rasa galau, sakit hati, dilema dan lain-lain.

 

  1. Buatlah Pilihan Mencari Lagi atau Berhenti Lagi

Perlu diingat hidup hanya sekali jangan sampai 1 kali hidup ini hanya dipakai buat galau memikirkan orang lain, didunia ini ada miliaran manusia, dan anda masih galau memikirkan 1 ekor manusia aja? Cobalah cari, masih banyak manusia yang lebih dari dia.

 

 

Sumber: pilihanini.blogspot.com