Select Page

Seiring waktu, fungsi otak akan kian menurun akibat proses penuaan dan dampak kondisi kesehatan yang tidak baik. Oleh karena itu, ketahuilah cara meningkatkan daya ingat berikut ini, agar kemampuan otak anda tetap optimal. Susah mengingat sesuatu atau pikun, erat kaitannya dengan pertambahan usia. Terkadang, mungkin anda bisa saja melupakan nama seseorang, lalu ingat kembali di kemudian hari, atau anda lupa menaruh benda yang biasa dikenakan seperti kacamata.  Jika anda kerap mengalaminya, simak ulasan cara meningkatkan daya ingat di bawah ini.

 

  1. Perhatikan asupan gizi anda

Otak tentu perlu asupan makanan yang baik agar kemampuannya tetap terjaga. Konsumsilah makanan seperti sayuran hijau, ikan yang mengandung asam lemak omega-3, teh hijau, dan kacang-kacangan, agar fungsi otak lebih terjaga. Selain itu, kurangi atau batasilah minuman beralkohol. Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan dapat berdampak buruk pada fungsi kognitif (proses berpikir) dan memori.

 

  1. Sempatkan berolahraga

Olahraga yang teratur juga dinilai sebagai cara menjaga daya ingat yang efektif. Olahraga teratur dapat memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh, meningkatkan suplai darah ke otak, mendorong perkembangan sel saraf baru, mengurangi resistensi insulin, mengurangi peradangan, serta merangsang pelepasan zat biokimiawi yang berpengaruh pada kesehatan otak. Setidaknya anda disarankan untuk melakukan olahraga, seperti berjalan kaki, selama 45 menit sebanyak tiga kali seminggu.

 

  1. Olah otak

Otak juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. Pepatah mengatakan, bahwa “semakin diasah, pisau akan semakin tajam”. Hal ini berlaku juga untuk otak. Beberapa cara melakukan senam otak adalah dengan mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, rajin membaca, bermain catur, menguji ingatan dengan menghafal gambar, belajar memainkan alat musik, dan permainan strategi lainnya.

 

  1. Atur aktivitas anda

Sering sekali seseorang lupa akan barang yang ia taruh karena diletakkan di sembarang tempat. Ingat berapa kali anda harus membeli pensil, pulpen, atau alat-alat tulis lain karena anda sembarangan menaruhnya. Untuk itu, cobalah merapikan hidup mulai dari hal-hal sepele, seperti menaruh barang di tempatnya, menulis agenda harian, dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Ini akan membuat otak nda lebih fokus sehingga daya ingat tetap terjaga. Maksimalkan juga pemakaian gadget, kalender, dan alarm, untuk membantu mengingat rutinitas sehari-hari. Agar aktivitas makin terbantu, aturlah jadwal sehari-hari agar tetap sama sehingga otak mudah mengingatnya.

 

  1. Cukup istirahat

Tidur berperan penting dalam menjaga fokus dan kemampuan mengingat. Saat tidur, ingatan seseorang akan menyusun kembali informasi dari hal-hal yang sudah terjadi. Cukup istirahat akan membuat tubuh bugar, juga terhindar dari stres. Biasanya, orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur. Selain itu, tidur yang berkualitas dan cukup dapat membantu daya ingat untuk mempelajari sesuatu hal yang baru, lho.

6. Tindakan medis

Jika anda menderita depresi atau penyakit kronis lainnya, misalnya gangguan ginjal dan tiroid, maka ikutilah saran dan langkah pengobatan dari dokter. Jika mampu, tetaplah mengurus keperluan diri sendiri. Cara ini akan membuat otak Anda tetap bekerja untuk mengingat hal-hal yang memang anda butuhkan.

7. Ikuti petunjuk dokter dan tanyakan

Mintalah petunjuk yang jelas mengenai obat-obatan yang Anda konsumsi. Ingat, beberapa pemakaian obat bisa berdampak pada daya ingat otak anda.

 

 

Sumber: www.alodokter.com