Diet atau mengatur pola makan merupakan salah satu cara ampuh untuk menurunkan berat badan. Namun, sebagian orang kesulitan untuk melakukan diet. Alhasil, sebagian orang ini pun menyerah. Walau diet punya peran signifikan dalam menurunkan berat badan, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar langsing. Melansir Men’s Health.

1. Ubah fokus olahraga

Ubahlah pemikiran bahwa olahraga dapat menurunkan berat badan. Lebih baik pikirkanlah manfaat berolahraga untuk kesehatan. Ingatlah hal tersebut sehingga anda akan lebih fokus pada kesehatan anda.

2. Tidur yang cukup

Sebuah studi menemukan bahwa tidur dengan waktu yang cukup dapat membantu anda untuk menjaga pola makan lebih baik. Studi lain juga menemukan bahwa kekurangan tidur akan membuat seseorang makan lebih banyak pada malam hari sehingga terjadi peningkatan berat badan lebih cepat.

3. Fokus saat makan

Fokuslah untuk tidak melakukan kegiatan lain saat sedang makan. Hindari makan sambil berjalan atau makan sambil menonton televisi.

Dengan fokus saat makan akan membuat anda memperhatikan makanan yang anda konsumsi sehingga kalori yang dikonsumsi dapat diketahui.

4. Jangan makan terburu-buru

Berbagai studi menunjukan bahwa lama waktu makan mempengaruhi jumlah makanan yang dikonsumsi. Caranya bukan dengan mengunyah secara lambat tapi habiskanlah makanan dalam mulut sebelum memasukkan suapan baru.

5. Menuliskan motivasi langsing

Fokuskan tujuan pada alasan anda untuk menurunkan berat badan. Anda dapat menuliskannya pada buku catatan atau sejenisnya sehingga bisa melihatnya setiap hari. Hal ini akan membuat anda selalu ingat tujuan untuk menurunkan berat badan.

6. Konsumsi camilan sehat

Pilih camilan sehat untuk anda. Sehingga anda tidak akan kelaparan. Misalnya dengan makan camilan sehat seperti kacang-kacangan, alpukat dan lainnya.

Sumber: www.liputan6.com