+62 31 596 3367 spiritsurabaya@yahoo.com

Setiap manusia pasti ingin dicintai, bahkan mungkin ada begitu banyak cara yang dilakukan untuk bisa menemukan cinta itu. Jadi apa itu cinta, pernah kah kamu berfikir bagaimana cinta itu bisa ada, kenapa cinta itu menggebu-gebu dalam diri kita.

“Jatuh cinta….Berjuta Rasanya….” Ini adalah sepenggal lirik lagu yang dinyanyikan oleh Titik Puspa. Dan sampai kapanpun sangat sulit menjelaskan perasaan “jatuh cinta” ini.

Tapi cinta bisa kok dijelaskan secara ilmu kimia. Perasaan cinta antara dua orang berlainan jenis timbul karna adanya senyawa-senyawa kimia dalam diri kedua orang itu. Nah salah satu senyawa kimia itu disebut feromon dan bisa juga disebut hormon pheromone. Feremon atau Pheromone berasal dari bahasa Yunani yakni phero yang artinya membawa, dan mone yang artinya sensasi. Definisi dari senyawa feremon adalah senyawa suatu zat dari kelenjar endokrin dan dimiliki oleh semua mahluk hidup untuk mengenali jenisnya, lawan jenisnya, individu lain diluar dirinya.

Seperti inisiator dalam reaksi kimia,  pheromones dapat menimbulkan rasa tertarik pada lawan jenis secara seksual atau tidak. Dalam organ tubuh manusia terdapat satu organ yang disebut Vomerosonal Organ atau VNO. VNO ini terletak dilubang hidung, dan terhubung ke otak melalui jaringan syaraf.

Setiap feromon berhembus dari tubuh maka akan tercium oleh VNO dan akan diteruskan ke daerah hipotalamus yang juga mengatur emosi manusia. Setelah menerima rangsangan, otak akan memberi respon balik dan akan mempengaruhi kondisi Psikologi tubuh, misalnya: perubahan tempo detak jantung, nafas jadi tidak beraturan, suhu tubuh meningkat, berkeringat, gugup, dan lain-lain.

Secara teori memang tidak bisa dijelaskan secara terperinci, karena arti cinta tergantung masing-masing orang mengartikanya. Tapi kamu harus percaya kalau cinta itu ada dan benar-benar nyata lho, karena kamu bakal mengalaminya. So, jangan sibuk mendefinisikan cinta, jangan juga sibuk memikirkan kriteria cinta. Karena cinta adalah perasaan yang di anugrahkan Tuhan kepadamu, untuk saling mencintai, saling memiliki, saling memenuhi, saling pengertian, saling melindungi dan lain-lain.

Cinta itu adalah imaginasi tanpa makna, saat dimana bahagia bersama walau hanya berbincang biasa, membuat hati sedingin es menjadi sehangat mentari. Cinta mampu mengubah seseorang, mengubahnya menjadi semakin baik, atau mengubahnya menjadi orang yang tidak baik.

Percayalah, walau kamu belum menemukan cinta seseorang. Tapi ada satu cinta yang akan selalu menemani, mengisi, memberi kekuatan kepadamu,  melindungimu kapanpun, dimanapun. Yup, cinta tanpa batas dari-Nya, cinta yang hangat saat kamu membuka mata, cinta yang hangat saat kamu bersedih, cinta yang tulus saat kamu merasa sendiri. Sampai akhirnya kamu mengerti arti cinta sejati dan kamu tulus mencintai seseorang, seperti Dia yang sangat tulus mencintaimu.