Orang yang mengalami kecanduan gadget ini tidak pandang bulu atau tidak memandang usia. Mulai dari anak-anak, remaja, para pemuda dan orang dewasa, kebanyakan dari mereka sudah tidak dapat lagi terlepas dari yang namanya gadget. Setiap hari mereka selalu sibuk dengan smartphone nya, sibuk mengecek status sosmed dan bermain game online di gadgetnya. Banyak diantara mereka yang merasa hampa ketika dipisahkan dari HP / gadget kesayangannya.

 

  1. Memiliki banyak akun sosial media

Memiliki banyak akun di sebuah sosial media, bisa menjadi salah satu faktor penyebab kecanduan smartphone. Saat ini memiliki satu sampai tiga akun sosial media memang bisa di bilang wajar.

 

Namun jika kamu memiliki lebih dari lima akun sosial media yang semuanya aktif, sudah dipastikan kamu kecanduan smartphone. Pasalnya, kamu akan banyak kehilangan waktu hanya untuk mengakses, melihat, dan berinteraksi didalamnya.

 

  1. Charge smartphone lebih dari dua kali sehari

Jika untuk pemakaian normal, pengisian baterai smartphone paling hanya satu atau maksimal dua kali dalam sehari, seboros apapun baterai smartphone yang kamu pakai. Kecuali jika baterai smartphone yang kamu pakai sudah bocor, jadi bisa saja kamu mengisi ulang baterai lebih dari dua kali dalam sehari.

 

Namun jika ternyata baterai smartphone kamu masih sehat, dan kamu masih mengisi baterai lebih dari dua kali dalam sehari, waspadalah! Bisa jadi kamu sudah terlalu berlebihan dalam menggunakan smartphone dan termasuk kecanduan smartphone.

 

  1. Ritual foto sebelum makan

Kebiasaan mengambil foto makanan atau minuman sebelum disantap, bisa menjadi salah satu tanda kalau kamu sudah kecanduan smartphone. Pasalnya, masih ada hal yang lebih positif daripada memotret makanan tersebut, yaitu berdo’a, atau bisa saja kamu langsung menyantap makanan yang terhidang di depan kamu tanpa memotretnya terlebih dahulu. Karena, jika makanan sudah di foto hampir dipastikan untuk di upload di sosial media, hal ini tidak terlalu penting tetapi masih saja dilakukan untuk menjaga eksistensimu.

 

  1. Membawa smartphone ke kamar mandi

Saat bepergian atau jauh dari rumah, membawa smartphone ke kamar mandi atau WC bisa dibilang sesuatu yang wajar. Yang menjadi tidak wajar, jika kamu tetap membawa smartphone ke kamar mandi meski sedang di dalam rumah untuk menemanimu mandi atau buang air.

 

Ini menjadi salah satu tanda, kamu tidak bisa berlama-lama jauh dari smartphone, dan sudah di pastikan kamu positif kecanduan smartphone.

 

  1. Selalu membawa power bank

Kemanapun kamu pergi tidak peduli itu jauh atau dekat, lama atau sebentar, jika kamu selalu membawa power bank, itu berarti kamu tidak bisa hidup tanpa smartphone.

Pasalnya, kamu tidak akan rela kehabisan baterai smartphone, sehingga selalu membawa power bank kemanapun kamu pergi, hanya untuk mengantisipasi smartphone kamu lowbat.

 

  1. Menyetir sambil bermain smartphone

Menyetir sambil menelepon atau berkirim pesan memang sangat dilarang demi keselamatan. Mungkin hal tersebut hanya boleh dilakukan jika untuk keperluan mendesak saja.

Namun, jika kamu sering menyetir sambil menulis status atau berkirim komentar di sosial media, tandanya kamu sudah kecanduan smartphone karena sosial media.

 

Sumber: www.kompasiana.com, www.techno.id