Select Page

Diet ini sebenarnya sudah merupakan metode lama, namun kembali jadi primadona karena aturannya yang simpel dan masuk akal. Ada beberapa hal yang harus kamu tahu jika ingin memulai diet keto. Apalagi bagi kamu yang baru ingin memulai diet dan belum pernah jatuh bangun buat menurunkan timbangan. Diet ketogenik adalah diet rendah karbohidrat, tinggi lemak yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Lebih dari 20 penelitian menunjukkan bahwa jenis diet ini dapat membantumu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan. Diet ketogenik bahkan mungkin bermanfaat terhadap diabetes, kanker, epilepsi, dan penyakit alzheimer.

 

Musim hujan bawaanya pengen makan, dan lapar sepanjang hari. Nggak heran gara-gara ini banyak yang punya program diet pun gagal total. Terlepas dari menyalahkan hujan, mendingan kamu yang masih ragu-ragu buat memulai diet lagi coba aja deh kenali metode diet keto.

 

Kalau kamu pernah menjalani berbagai metode diet, kamu tentunya paham kalau menu diet yang ditawarkan nggak pernah mengundang selera. Seringnya justru tanpa rasa dan hambar, alhasil kamu pun menjalani diet dengan ogah-ogahan. Diet keto justru sebaliknya, banyak pilihan menu makanan lezat dan berlemak seperti daging yang bisa kamu nikmati. Asalkan porsi yang kamu konsumsi seimbang, yaitu 70% lemak, 20% protein, dan 5% karbohidrat.

 

Dalam diet keto asupan makanan sumber karbohidrat pun amat sangat dikurangi hingga hanya 5% dari kebutuhan harian pada umumnya. Sebagai gantinya, karbohidrat ditukar dengan makanan tinggi protein untuk mencukupi 20 persen kebutuhan tubuh. Pengurangan karbohidrat secara drastis ini membuat tubuh memasuki fase yang disebut sebagai ketosis. Minimnya asupan karbohidrat membuat tubuh tidak memproduksi gula darah dalam jumlah cukup untuk dibakar sebagai energi. Akibatnya, tubuh mulai memecah tumpukan lemak sebagai sumber energi cadangan.

 

Diet ketogenik adalah jalan terbaik untuk menurunkan berat badan dan mengurangi resiko faktor penyebab penyakit. Bahkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa diet ketogenik jauh lebih unggul dari diet rendah lemak yang pernah direkomendasikan. Terlebih lagi, diet ini sangat disarankan karena kamu dapat menurunkan berat badan tanpa perlu menghitung kalori atau membawa makananmu.

 

Singkatnya, makanan yang tinggi karbohidrat harus dibatasi. Berikut ini adalah daftar makanan yang harus dikurangi atau dihilangkan pada diet ketogenik.

 

– Makanan bergula : soda, jus buah, smoothie, cake, es krim, permen dan lain-lain.
– Biji-bijian atau pati : produk berbahan gandum, nasi, pasta, sereal dan lain-lain.
– Buah : semua buah, kecuali sedikit beri-berian seperti stroberi.
– Kacang atau polong : kacang polong, kacang merah, lentil, buncis dan lain-lain.
– Sayuran akar-akaran atau umbi-umbian : kentang, ubi jalar, wortel, lobak dan lain-lain.
– Produk rendah lemak atau produk diet : karena diproses terlalu lama dan seringkali tinggi karbohidrat.

 

Sebaiknya kamu makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, ini bakal mengontrol biar lemak yang kamu konsumsi juga nggak kebanyakan yang nantinya justru bikin kamu tambah gendut. Tenang, kamu nggak perlu menimbang dan menghitung kalori makananmu lagi kok. Nggak perlu juga makan sesuatu yang hambar dan nggak kamu sukai, saatnya makan berlemak dan enak-enak.

 

Yuk simak uraian di bawah ini ya!
Menghindari gula adalah pemahaman melakukan diet keto
Diet keto atau yang sering disebut dengan ‘keto’ ini merupakan pola makan yang mengatur masuknya karbohidrat. Diet jenis ini memanfaatkan lemak untuk dijadikan pembakaran energi sehari-hari, bukan dari asupan karbohidrat. Kalau melakukan diet ini, kita justru dianjurkan buat konsumsi lemak tinggi loh! Tapi harus juga mengurangi karbohidrat dan gula. Dengan begitu, kalori harian yang didapat ketika menjalankan diet keto ini 70-75% dari lemak, 20% dari protein, dan 5% dari karbohidrat.
Berbeda dengan diet lain yang cenderung menyiksa, diet keto justru punya menu makanan yang lezat-lezat karena kamu perlu konsumsi lemak tinggi

 

 

 

Pada prinsipnya tubuh kita punya dua bahan bakar utama, yaitu glukosa dan lemak. Nah pada diet ini, tubuh kita akan disarankan untuk banyak konsumsi lemak agar bahan bakar utama tubuh dialihkan ke lemak. Dengan menekan jumlah asupan karbohidrat tubuh secara otomatis menjadikan lemak sebagai bahan bakar utama, dan membawa tubuh pada metabolisme yang baik.

 

Apa aja sih yang boleh dimakan ketika menjalankan Diet Keto? Enak-enak lho!
Tanpa menghitung asupan kalori, kamu hanya perlu menghitung asupan lemak. Usahakan apa yang kamu konsumsi mengandung lemak tinggi, protein sedang, dan karbohidrat rendah. Melakukan diet keto juga bebas memilih mau sarapan atau nggak. Biasanya justru kita lebih nggak cepat lapar dan cukup makan 1 atau 2 kali sehari. Makanan berat yang bisa kamu konsumsi adalah daging sapi, kambing, ayam, bebek, ikan, telur, keju dan lemak alami. Soal buah, untuk menghindari kadar gula dalam buah kamu hanya diperbolehkan makan kelapa dan alpukat saja. Sedangkan untuk minuman, sangat disarankan untuk minum air putih banyak, atau minum kopi dan teh tanpa gula.

 

Pantangan bagi pendiet KETO
Pantangan buat orang yang sedang menjalankan diet keto adalah konsumsi karbohidrat lebih dari 5% porsi makanan. Untuk itu semua jenis beras, gandum, gula, makanan bertepung, dan pati (kentang, singkong, jagung) hingga buah manis seperti pisang, mangga, nanas sebaiknya hindari dulu deh ya. Sayur boleh dikonsumsi untuk kebutuhan serat, namun kalau kacang-kacangan kamu tetap harus batasi ya. Karena kacang-kacangan mengandung cukup karbohidrat.

 

  1. Gimana guys, jadi tertarik dan semangat buat mencoba diet lagi kan? Coba deh lakukan diet ini selama 14 hari secara disiplin. Jika jarum timbanganmu bergerak ke kiri kamu bisa meneruskannya sampai kamu dapat angka timbangan ideal. Ayo jangan nyerah! Cuma butuh komitmenmu aja kok!