Sayur menjadi salah satu makanan pokok yang dibutuhkan oleh manusia. Kandungan vitamin dan mineralnya membuat sayuran dapat mencukupi kebutuhan gizi per harinya.

Kangkung sebagai salah satu jenis sayuran merupakan bahan alami memiliki banyak kandungan menyehatkan di dalamnya. Melansir dari researchgate, penelitian yang dilakukan Vikas Ramteke menyebutkan bahwa kandungan kangkung meliputi vit A, vit C, dan protein yang sangat tinggi.

Mitos-mitos tentang kangkung juga sering kita dengar. Sebut saja mitos kangkung dapat menyebabkan kantuk atau menyebabkan sakit perut. Apa itu benar? Apakah kamu juga tau kalo ada beberapa negara yang melarang peredaran kangkung?

1. Kangkung illegal di Texas.

Kangkung dianggap spesies yang menganggu ekosistem air oleh Texas Parks and Wildlife Department (TPWD). Tanaman ini telah masuk dalam daftar “Ikan Eksotis, Kerang, dan Tumbuhan Akuatik yang Berbahaya atau berpotensi Berbahaya” sejak tahun 1990. Undang-undang Texas menyatakan bahwa “tidak ada orang yang dapat mengimpor, memiliki, menjual, atau menempatkan tanaman yang berbahaya atau berpotensi membahayakan ikan, kerang, atau tanaman air kecuali jika diizinkan oleh aturan atau izin yang dikeluarkan oleh departemen.”

2. Kangkung masuk list salah satu gulma berbahaya di Amerika Serikat.

Kangkung dimasukkan dalam daftar gulma di Departmen Pertanian di Amerika Serikat. Di sana sering kali ada kejadian keracunan pada saat memakan kangkung. Sehingga larangan peredarannya sangat diatur.

Departmen tersebut juga melarang adanya distribusi jual-beli kangkung.

3. Kangkung tidak menyebabkan sakit perut, justru mengobati gangguan pencernaan.

Banyak mitos mengatakan bahwa kangkung dapat menyebabkan sakit perut. Padahal pada kenyataannya jika kangsung dikelola dengan benar tidak akan menimbulkan sakit perut. Kangkung justru bermanfaat untuk melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

4. Menurunkan kolesterol dan mencegah kanker.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kangkung dapat menurunkan tingkat kolesterol. Jadi cocok untuk penderita kolesterol. Kangkung juga mengandung 13 jenis senyawa antioksidan. Senyawa antioksidan ini berguna untuk melawan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh.

5. Kangkung tidak Menyebabkan Kantuk

Mitos yang lain bilang bahwa kangkung dapat menyebabkan kantuk. Padahal pada kenyataannya tidak. Kangkung mengandung zat bernama kalium. Makanan yang tinggi kalium dapat mengurangi tekanan darah dan memberi efek kantuk. Namun jika dimakan sewajarnya kangkung tidak berpotensi untuk membuat kantuk.

Sumber: www.brilicious.brilio.net