+62 31 596 3367 spiritsurabaya@yahoo.com

Hal terbaik dalam menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan secukupnya. Buah dan sayur meskipun merupakan sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan tapi jika berlebihan akan berpengaruh buruk pada tubuh. Buah dan sayuran ini dapat dikonsumsi dengan aman jika kondisi masih segar serta tidak dikonsumsi secara berlebihan. Berikut macam-macam buah dan sayur yang tidak disangka ternyata mempunyai kandungan racun yang membahayakan kesehatan tubuh anda.

  1. Kacang tanah

Kacang tanah yang sudah dalam kondisi rusak, berlubang, berair, dan berwarna hitam akan mengakibatkan munculnya kandungan aflatoksin yang dapat menimbulkan penyakit kanker hati. Maka, pilihlah kacang dengan kondisi yang masih baik dan kacang masih berkulit ari seutuhnya, dan hindari makan berlebih.

  1. Bayam

Bayam memiliki kandungan asam aksolat yang fungsinya buruk bagi tubuh anda, yaitu mengikat kalsium dalam tubuh. Akibatnya akan terbentuk sebuah gumpalan kristal yang dapat mengiritasi lambung dan juga menyebabkan batu ginjal. Mengantisipasinya dengan cara dimasak hingga airnya mendidih lalu buang airnya supaya kandungan asam tersebut hilang.

  1. Buah Apel

Bagian berbahaya dari buah apel ialah pada bagian bijinya. Racun sianida yang terkandung merupakan pembawa dampak buruk bahkan mematikan bagi anda. Maka, jangan sampai biji apel tersebut ikut termakan.

  1. Jengkol

Racun asam jengkol terdapat pada bagian mata jengkol. Keracunan asam jengkol juga bisa mengakibatkan tersumbatnya saluran kencing. Cara mengantisipasinya adalah menghilangkan bagian mata jengkol, dan mengolah jengkol dengan direndam dan direbus.

  1. Kacang merah

Kandungan fitohemaglotinin dapat mengakibatkan penggumpalan sel darah merah dan sel darah putih yang mengakibatkan berbagai macam penyakit yang yang berhubungan dengan saluran darah. Karena itu, harus dimasak sampai benar-benar matang dan bersih.

  1. Kentang

Kentang yang sudah rusak, bernoda hijau, terasa pahit jika dimakan, serta muncul mata dan bertunas memiliki kandungan racun bagi tubuh bernama solanin dan chaconine. Rendamlah dengan air garam, buang bagian kentang yang rusak dan bertunas.

  1. Seledri

Konsumsi seledri secara berlebihan membuat kulit mudah iritasi jika terkena paparan sinar matahari serta mudah terkena alergi. Makan secukupnya saja demi keamanan dan kesehatan tubuh anda.

  1. Tomat muda

Tomat yang masih hijau atau muda mempunyai kandungan atropin dan solanin dan rasanya pahit yang merupakan racun bagi tubuh. Maka dari itu, konsumsi tomat yang benar-benar matang dan siap untuk dikonsumsi.

  1. Singkong

Racun linamarin dan lotaustralin terdapat pada singkong yang sudah rusak dan terasa pahit serta dimasak kurang matang. Racun tersebut bertekstur lembut dan dapat mudah larut terhadap air, sehingga bisa dengan cepat merasuk ke dalam tubuh jika tidak benar-benar diperhatikan kondisi dan proses pengolahannya.

  1. Jus buah

Jus buah akan menjadi racun dan juga menghilangkan kadar nutrisi yang seharusnya penting bagi tubuh anda. Gula yang digunakan untuk menambah rasa manis menjadi salah satu penyebabnya. Menurut hasil riset para ahli, jus yang diberi gula akan membuang sia-sia nutrisi buah tersebut. Disarankan untuk memakan buah secara langsung yang masih segar tanpa ada gula tambahan.