Kamu pasti sudah tahu bahwa fungsi sarapan sangatlah penting dalam memulai kegiatan sehari-hari. Namun, seringkali sarapan yang dikonsumsi belum mampu mencukupi gizi yang diperlukan oleh tubuh. Ini dikarenakan pemilihan jenis sarapan yang hanya berdasarkan kemauan lidah saja bukan karena kebutuhan tubuh.

Berikut beberapa jenis sarapan enak namun membuat tubuh kamu semakin lemah dari hari ke hari.

1. Mie instan

Cepat, enak, dan gak ribet adalah hal utama kenapa banyak orang memilih mie instan sebagai sarapan pagi mereka. Namun, di balik kenikmatan mie instan makanan ini juga menyimpan kandungan yang tidak baik bagi tubuh apalagi jika harus mengonsumsinya di pagi hari.

Mie instan sendiri mengandung Monosodium glutamate (MSG) dan propylene glycol yang dapat merusak kesehatan tubuh kamu jika dikonsumsi secara berlebihan.

2. Gorengan

Siapa yang bisa menolak kenikmatan yang diberikan oleh gorengan? Hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini. Rasa kriuk yang ditawarkan serta tak perlu waktu lama dalam mengonsumsinya membuat beberapa orang menjadikan gorengan sebagai salah satu cemilan di pagi hari yang bisa menunda rasa lapar.

Di balik kenikmatan yang ditawarkan, terkadang kamu lupa bahwa mengonsumsi gorengan sebagai sarapan sangatlah berbahaya bagi tubuh. Selain mengandung minyak yang berlebihan, gorengan juga dapat menyebabkan jenis penyakit lain.

3. Sereal

Tidak mau ribet dan enak, sereal pun sering dijadikan pilihan untuk dikonsumsi saat sarapan. Sering kali kamu terjebak dengan keterangan bahwa sereal mengandung banyak gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

Tanpa kamu sadari bahwa sereal juga mengandung gula yang sangat tinggi. Kamu tentu sudah tahu bahwa mengonsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit diabetes, penyakit jantung, dan penyakit lainya.

4. Makan cemilan manis di pagi hari

Daripada ribet membuat sarapan di pagi hari, beberapa orang pun akhirnya sering makan cemilan yang mengandung tinggi gula di pagi hari. Hal ini dilakukan karena adanya persepsi bahwa gula sangatlah diperlukan di pagi hari agar kamu dapat menjalankan aktivitas dengan baik.

Memang benar manusia memerlukan gula untuk tubuh mereka. Namun gula yang dimaksud disini adalah gula yang sehat, seperti madu, bukannya pemanis buatan.

5. Sarapan dengan nasi putih

Tak lengkap rasanya bila makan tanpa nasi putih. Kamu sudah lama terjebak bahwa sarapan yang sehat itu adalah dengan mengonsumsi nasi putih. Nyatanya, sarapan dengan nasi putih yang berlebihan dapat meningkatkan gula darah serta membuatmu lebih cepat lapar. Jadi, jangan heran bila 2-3 jam setelah sarapan kamu sudah merasa lapar lagi. Coba deh ganti sarapan kamu menjadi sarapan yang lebih sehat. Tubuh yang sehat akan membuat kerja otakmu semakin meningkat.

Sumber: www.idntimes.com