+62 31 596 3367 spiritsurabaya@yahoo.com

Pernahkah kamu mengantuk di saat kamu melakukan aktifitas di siang hari?? Mengantuk adalah hal yg sangat wajar dan sering kita temui, bahkan sering kita alami. Wajarnya orang mengantuk pada malam hari ketika akan beristirahat, tetapi terkadang mengantuk bisa datang tiba-tiba, entah pagi atau siang hari. Sangatlah mengganggu bila kantuk itu datang saat kita sedang beraktifitas, bahkan kantuk bisa menjadi penyebabkan hilangnya nyawa,lumayan ngeri ya. Berapa banyak kecelakaan lalu lintas yg penyebab utamanya sopir mengantuk? Maka dari itu saat ini aku akan memberikan informasi-informasi mengenai ngantuk/kantuk juga cara pencegahannya ke kamu semua.

PENGERTIAN
Kantuk (drowsiness) adalah kondisi dimana seseorang merasa ingin tidur. Ini bisa saja terjadi pada waktu yang tidak tepat, misalnya pada saat bekerja, saat belajar, atau saat berkendara. Kantuk biasanya ditandai dengan rasa lelah, hilang kesadaran, tertidur, dan dapat mengganggu aktivitas. Kantuk yg menyerang pada saat siang hari disebut dengan hipersomia, rasa kantuk berlebih di siang hari (Excessive Daytime Sleepiness/EDS) adalah salah satu jenis masalah tidur yang merujuk pada keinginan untuk tidur yang tidak dapat dikendalikan pada siang hari, sehingga penderitanya lebih aktif di malam hari.

PENYEBAB
Kantuk bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:
1. Jam kerja yang panjang atau bekerja dengan sistem shift yang mengharuskan untuk bekerja di malam hari.
2. Terlalu banyak mengonsumsi kafein (kopi, teh, obat) serta nikotin dari rokok.
3. Efek samping obat-obatan asma, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan jantung.
4. Gangguan tidur seperti sleep apnea,insomnia, atau narkolepsi.
5. Kandungan kalsium yang tinggi di dalam darah (hiperkalemia).
6. Diabetes atau kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme)
7. Perubahan kadar natrium dalam darah (hiponatremia atau hipernatremia).

Untuk nomer 3 sampai 7 adalah faktor-faktor yg di sebabkan oleh penyakit lain.

CARA MENCEGAH

Bagaimana cara mengasatasi rasa kantuk?
Tips yang langsung dapat dilakukan adalah :
– Tariklah napas dalam dan pelan melalui hidung, kemudian lepaskan napas pelan melalui mulut. Lakukan pernapasan ini 3 kali.
– Menarik napas dalam dan pelan lewat mulut, kemudian lepaskan napas pelan lewat hidung. Lakukan pernapasan ini 3 kali.
– Menarik napas lewat hidung secara dalam dan pelan, kemudian lepaskan napas lewat hidung pelan.

Ketiga tips diatas adalah tips langsung yang kita lakukan ketika tiba tiba kita diserang kantuk. Namun umumnya penyakit ngantuk sudah menjadi penyakit kambuhan, yang selalu menyerang dalam kegiatan kita sehari-hari. Di bawah ini dituliskan tips-tips yang perlu anda lakukan agar penyakit kambuhan ini dapat hilang secara berangsur-angsur dan efektifitas anda baik dalam bekerja ataupun belajar sehari-hari dapat bertambah.

Tips-tips itu adalah :
1. Tidur berkualitas: Bagaimana kita membuat gelombang otak masuk ke dalam fase tidur lelap. Dan fase tidur lelap akan tercapai jika kita benar-benar siap untuk tidur tak hanya sekadar memejamkan mata. Mengenai durasi, idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur 8-9 jam di malam hari. Sedangkan untuk remaja, 9 jam adalah waktu yang tak bisa ditawar-tawar.

2. Jauhkan pengganggu tidur: Jadikanlah tempat tidur sebagai tempat yang nyaman untuk terlelap dan bercinta, demikian Avelino Verceles, MD asisten profesor dari University of Maryland School of Medicine menyarankan. Ini artinya kita harus menjauhkan televisi, video games, dan laptop atau komputer dari kamar.

3. Buat jam tidur yang teratur: Orang yang mengidap gangguan tidur biasanya akan disarankan untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, termasuk hari libur dan akhir pekan. Tapi menurut Barry Krakow, MD direktur medis Maimonides Sllep Arts and Sciences, Ltd yang juga menulis buku Sound Sleep, Sound Mind: 7 Keys to Sleeping Through the Night, mengatur waktu tidur dan bangun justru menjadi kesulitan tersendiri bagi mereka yang sudah mengalami gangguan tidur. Untuk itu, Krakow menawarkan sebuah alternatif, yaitu dengan menentukan waktu bangun yang harus diikuti setiap harinya. Konsisten bangun di waktu yang sama selama seminggu atau sampai sebulan, maka tubuh akan mengikuti ritme tersebut. Ritme ini yang nantinya akan membentuk sirkardian atau jam biologis tubuh. Kita akan selalu mengantuk lebih cepat jika di malam sebelumnya kita kurang tidur, tapi bangun selalu di jam yang sama. Alhasil tubuh akan meminta kita kembali pada jam tidur yang sebelumnya.

4. Perlahan majukan jam tidur kita: Jika menentukan jam tidur dan bangun yang sama setiap harinya tak sukses, cobalah majukan jam tidur kita 15 menit lebih cepat selama 4 malam berturut-turut. Setelah ini berhasil, buat jadwal tidur kita 1 jam lebih cepat dari biasanya.

5. Makanlah dengan teratur: Jika kita bertanya apa hubungannya makan dengan tidur, maka jawabannya adalah keduanya sangat erat terkait. Makan di jam yang sama setiap hari akan membuat sirkardian kita berdentang dengan teratur, termasuk distribusi energi untuk memberikan sinyal pada kita bahwa sudah waktunya istirahat. Jika kita tidak makan teratur, misalnya memundurkan makan siang menjadi lebih sore, akan membuat makan malam kita mundur sampai mendekati waktu tidur. Dan pasokan energi mendekati waktu tidur justru membuat kita bersemangat melakukan banyak hal. Plus idealnya, 2 sampai 3 jam sebelum waktu tidur kita sudah berhenti makan agar metabolisme berjalan sempurna sehingga tak ada yang berubah wujud menjadi timbunan lemak di tubuh.

6. Berolahragalah! Lakukanlah aktivitas bakar lemak seperti aerobik setiap hari,

 

Demikianlah beberapa informasi mengenai kantuk yg bisa aku bagikan ke kalian semua. Semoga informasi dan tips-tips ini bisa berguna buat kalian. Stay Healthy.