Hayo siapa sih yang belom pernah menikmati kopi instant? atau asing dengan nama kopi tubruk ?

Bagi pecinta kopi terutama kalayak remaja, kopi instant adalah pilihan tepat untuk memperbaiki mood, sahabat untuk mengerjakan tugas, ataupun sahabat saat kantong kering. Bertolak belakang dengan kopi instant, kopi tubruk sedikit sekali penikmatnya. Mayoritas adalah kalangan orang tua. Yahh, dikarenakan kopi satu ini adalah kopi tradisional yang mempunyai rasa yang kuat, khas, harum, dan yang paling utama adalah rasa yang murni tulen.

Kopi instant adalah kopi yang diolah dengan meyeduh biji kopi dengan perisa tertentu dan kemudian dikeringkan beku dan dikemas secara praktis untuk tujuan komersial. Untuk mendapatkan tidak sulit karena banyak dijual di toko-toko dengan harga yang mudah dijangkau. Dengan harga yang sangat bersahabat, pecinta kopi ini sudah bisa memilih jenis dan rasa kopi yang begitu beraneka sesuai selera. Ada rasa kopi susu, kopi mocca(rasa coklat), kopi original, kopi luwak, dan masih banyak lain. Dengan banyaknya jenis dan rasa membuat pecinta kopi modern beralih ke kopi instant ini. Juga cara penyajian yang praktis dengan hanya  menyeduhnya dengan air panas kopi siap untuk dinikmati.

Disamping harga yang murah tadi sachet lovers,terdapat sisi gelap dari kopi instant ini. Kopi cenderung berbahaya bagi tubuh. Dan manfaatnya sama dengan kopi tubruk. Tetapi itu hanya berapa persen kecilnya. Karena mayoritas bahan dasar kopi instant adalah bahan dasar buatan, oleh karena itu efek samping juga sangat tidak baik bagi tubuh. Pemanis buatan kopi ini memperbesar peluang terkena diabetes. Kandungan kafein yang berlebih beresiko penyakit jantung bagi anak muda. Kandungan krimmer nabati dalam kopi tidak dapat dicerna sempurna oleh tubuh. Sehingga, konsumsi yang rutin menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan mengakibatkan hipertensi.

Sedangkan kopi tubruk adalah minuman khas dari Indonesia yang mendidihkan biji kopi bersama dengan gula. Cara pembuatan biji kopi ini sangat sederhana. Dipilih biji kopi yang telah di “sangrai” dan paling baik(tidak terlalu gosong). Kemudian di haluskan dengan cara digiling dengan ukuran medium. Hasil penggilingan ini diambil secukupnya untuk porsi satu gelas dan dituangkan di gelas bersama gula dan air dengan suhu 930-960 celcius. dan kopi siap dinikmati bersama dengan makanan-makanan tradisional Indonesia.

Kopi tubruk ini mempunyai cita rasa yang kuat original dengan kadar kafein yang tinggi. Kopi dengan kadar kaefin yang tinggi biasanya disajikan tanpa gula atau pahitan. Hmm, kadar kafein yang tinggi mempunyai banyak maanfaat yang baik bagi tubuh. Contohnya meningkatkan kerja otak, meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi berat badan dengan menekan nafsu makan, mencegah penuruna fungsi otak dan masih banyak manfaat lain. Namun, kafein ini bagai pedang bermata dua. Efek kafein yang berlebihan tidak baik bagi tubuh. Membuat jantung berdebar, insomnia, gangguan kecemasan, tegang otot, dan aliran gula darah menjadi tinggi.

Jadi kopi lovers, tidak ada salah nya untuk menikmati kopi yang ada untuk menjadi pilihan. Asalkan, kopi lovers dapat memperhatikan dosis minum, mengenali respon tubuh sendiri terhadap senyawa dalam kopi, dan juga selalu diimbangi apapun jenis kopi dengan air putih. Tubuh yang lemah adalah kesukaran. Tetapi tubuh yang sehat adalah berkat.