+62 31 596 3367 spiritsurabaya@yahoo.com

Apakah kamu selalu merasa kehabisan waktu dan tidak dapat melakukan apa yang dijadwalkan?
Apakah kamu selalu merasa bahwa anda tidak memiliki cukup waktu untuk diri sendiri?
Apakah kamu merasa bahwa hidup dan bekerja di lingkungan yang penuh tekanan tanpa hasil positif?
Jika jawaban untuk salah satu pertanyaan di atas adalah YA, maka sudah saatnya untuk mengubah hidup mu dan mulai menghabiskan waktu anda dengan bijaksana dan efisien. Anda harus berjanji pada dirimu sendiri bahwa kamu akan menjadi lebih terorganisasi dan fokus pada tujuanmu dan bahwa kamu akan menggunakan waktu untuk kebaikanmu sendiri.

1. Menguasai daftar hal-hal yang harus kamu lakukan (to-do lists)

To-do lists yang baik dan efisien haruslah mencakup tugas-tugas dan kegiatanmu saat ini serta tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Untuk setiap item dalam daftar, kamu harus menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikannya. Tugas yang berulang dapat direncanakan untuk hari-hari tertentu di mana anda memiliki waktu yang tepat untuk menyelesaikannya.
Kamu tidak boleh meremehkan pentingnya perencanaan tugas-tugasmu. Sebuah rencana yang baik dan akurat dapat memberikanmu kontrol yang besar dari waktumu. Kamu harus menyadari apa yang terpenting bagimu dan menempatkannya pada urutan atas di daftarmu.

2. Buat rencana SMART (Specific-Measureable-Achievable-Reasonable-Timeline)

Rencanakan tugas yang paling sulit di awal setiap minggu sehingga kamu akan lebih santai menjelang akhir minggu dan sebelum akhir pekan. Tugas yang sulit lebih baik dijadwalkan di awal minggu (Senin atau Selasa), sementara tugas-tugas yang lebih mekanis atau rutin di sekitar pertengahan minggu, dan mendekati akhir minggu (Kamis dan Jumat) waktumu bisa sedikit lebih bebas dan santai karena di kedua hari ini telah menumpuk kelelahan dan stres sebagai akibat dari pekerjaan di hari-hari sebelumnya.

3. Belajarlah untuk mengatur prioritas anda

Kamu harus belajar bagaimana secara efisien mengatur prioritas-prioritas kamu. Tugas yang paling penting harus berada di peringkat lebih tinggi dalam daftar. Cobalah untuk menerapkan prinsip Pareto di mana 80 % dari prestasi anda dihasilkan dengan melakukan 20 % usaha anda. Dengan kata lain,cobalah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan mengabaikan tugas-tugas penting untuk mencapai hasil yang tidak signifikan.

4. Kunci manajemen waktu yang sukses adalah delegasi

Kunci sukses manajemen waktu adalah delegasi. Jangan mencoba untuk menyelesaikan semua tugas sendirian. Kenali mana tugas yang dapat diselesaikan oleh orang lain dan delegasikan pekerjaan tersebut kepada mereka. Ini adalah satu-satunya cara dimana kamu dapat memiliki waktu yang diperlukan untuk menangani tugas-tugas yang benar-benar penting bagimu. Pada saat yang sama, apa yang kamu pilih untuk dikerjakan, lakukanlah dengan benar pertama kalinya demi menghemat waktu karena mengerjakan pekerjaan berulang. Pengalaman menunjukkan bahwa waktu yang diperlukan untuk mengulang pekerjaan akan lebih banyak dihabiskan dibanding waktu yang kamu perlukan untuk mengerjakan pekerjaan secara benar dari awal. Delegasi adalah seni yang dapat memberikan banyak manfaat bagi orang-orang yang harus melakukan banyak kegiatan.