+62 31 596 3367 spiritsurabaya@yahoo.com

Produsen mobil nomor dua Jepang, Nissan memerkenalkan konsep terbarunya, Xmotion (cross motion). Punya desain yang cukup liar, model ini disebut bakal menjadi terobosan dan inovasi baru untuk SUV kompak Nissan. Tampil perdana di pameran otomotif bergengsi North American International Auto Show di Detroit, Nissan Xmotion disebut sebagai gabungan dari sekumpulan budaya dan keahlian tradisional Jepang dengan bergaya Amerika, serta implementasi generasi baru dari teknologi Nissan Intelligent Mobility.  Pada konsep Xmotion, dieksplorasi sisi Nissan Intelligent Mobility yang lebih kokoh dan kuat. Kombinasi konsep barat dan timur pada sisi eksterior berlanjut pada bagian interior Xmotion, di mana konektivitas dan teknologi otonomos canggih, bercampur dengan seni digital Jepang era moder. Sekilas, Xmotion mungkin tampak memiliki bahasa desain minimalis. Namun jika diperhatikan lebih detail, terungkap lapisan-lapisan detail yang membuat konsep ini luar biasa.

Desain eksterior Xmotion menampilkan gaya futuristik yang dinamis. Bagian muka dihiasi grille V-Motion khas Nissan tapi desainnya lebih besar. Lampu depan utama berdesain seperti bumerang dan punya banyak fungsi: Lampu besar, lampu kecil, lampu sein dan positioning dalam satu rumah lampu. Warna dan ketajaman cahaya lampu akan berubah-ubah sesuai dengan fungsinya.

Sisi samping eksterior tampil minimalis dan diperkuat dengan rumah roda besar dan fender yang kekar. Pelek 21 inci aluminium alloy dibalut ban all-terrain sebagai karakter SUV. Sedang di buritan desainnya lebih minimalis. Lampu belakang sipit dan sudah kombinasi fungsi.

Desain interior menjadi sorotan utama pada Xmotion. Memadukan desain tradisional seni Jepang dan nuansa modern. Ide desain interiornya diambil dari pemandangan Jepang. Bagian lantai merepresentasikan sungai dan konsol tengah yang membentang hingga ke belakang menjadi jembatannya. Elemen kayu banyak digunakan di penjuru interior dan memadukan kombinasi tiga warna; merah, putih dan hitam. Masing-masing warna punya filosofi tradisional dari Jepang.

Bagian dasbor minimalis dengan layar besar membentang. Konsol tengah punya fitur unik yang disebut floating commander dan bisa mendeteksi pergerakan penumpang melalui sensor gerak. Selain itu masih banyak teknologi canggih nan unik lain yang bisa ditemui pada kabin Nissan Xmotion Concept.

Meski masih berupa konsep, Xmotion merupakan kreasi orisinil baru dari Nissan. Dengan teknologi dari Nissan Intelligent Mobility mobil ini bisa diwujudkan di masa mendatang.

Manufaktur Nissan merupakan salah satu yang cukup gencar soal elektrifikasi dan menyambut kendaraan masa depan. Mobil elektrik mereka, Nissan Leaf, mendapat banyak sorotan di berbagai belahan dunia. Bahkan mobil hybrid dengan teknologi e-Power, Note dan Serena, bisa menjadi solusi peralihan elektrifikasi yang baik di negara yang masih tinggi ketergantungannya terhadap bahan bakar, seperti di Indonesia.