+62 31 596 3367 spiritsurabaya@yahoo.com

Tugas seorang mahasiswa adalah belajar dan menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Tidak perlu memikirkan makan dan minum karena biasanya akan di kirim orang tua pada awal bulan. Namun kenyataannya tidak semua mahasiswa dapat kiriman yang cukup dari orang tuanya, untuk itu mau tidak mau dia harus bekerja sendiri untuk tambahan kebutuhan setiap hari. Buat kamu yang sedang berada dalam kondisi tersebut atau mau menambah uang sakunya, berikut ini adalah beberapa pekerjaan sambilan yang paling cocok untuk dikerjakan oleh mahasiswa.

 

  1. Mengajar privat

Mengajar privat adalah pilihan banyak mahasiswa, apalagi jika jurusannya sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. Selain bisa mendapatkan uang saku tambahan, kamu juga bisa memperkaya networking dan wawasan.

 

  1. Penulis lepas

Buat kamu yang hobi menulis, jangan sia-siakan bakat terpendam itu ya. Jadilah freelance writer. Di zaman milenial seperti ini, ada begitu banyak website yang memberikan kesempatan untuk kamu agar bisa menumpahkan idenya dalam bentuk tulisan dan membayarnya dengan sejumlah uang yang cukup besar untuk ukuran mahasiswa.

 

  1. Fotografer

Kalau ada yang sering memuji hasil jepretan kamu, bisa jadi itu karena kamu memang berbakat dalam bidang itu. Terjun saja di dunia fotografi. Tawarkan jasa kamu ke teman-teman dan keluarga. Selain mengembangkan diri, kamu juga bisa dapat tambahan uang saku.

 

  1. Asisten praktikum

Mau dapat penghasilan sampingan tapi tidak mau mengganggu konsentrasi kuliah, maka jadi saja asisten praktikum. Asal dikenal tekun dalam bidang praktikum yang kamu tuju, jalan untuk bisa menjadi asisten bisa terbentang luas untuk kamu. Selain bisa mempelajari lebih dalam, kamu  juga bisa dapat uang saku yang lumayan

 

  1. Asisten dosen

Hampir serupa dengan nomor 4, dengan menjadi asisten dosen kamu bisa mendapatkan banyak hal selain uang saku tentunya. Belum ditambah dengan keuntungan berupa koneksi yang tambah luas dengan dosen. Wah, mengambil alternatif ini adalah pilihan paling maknyus deh.

 

  1. Pramusaji

Banyak restoran dan warung makan di perkotaan yang menyediakan lahan bagi para mahasiswa untuk mendapatkan uang saku tambahan dengan menjadi pekerja part-time. Tapi hati-hati ya, kamu tetap harus bisa membagi waktu antara bekerja dengan belajar.

 

  1. Jualan online

Zaman digital seperti sekarang ini, berjualan online bisa menjadi alternatif paling mantap untuk para mahasiswa. Tinggal kamu cari barang apa yang bisa dijual di kotamu, kemudian unggah dan jual saja di website penyedia jual beli online yang sekarang jumlahnya sudah tidak terhitung lagi.

 

  1. Di-endorse sebagai selebgram

Jangan anggap penghasilan dari pekerjaan ini sepele ya. Kalau kamu di-endorse oleh banyak produk, bisa-bisa kamu bisa mentraktir teman dekat setiap minggu dari penghasilan sebagai selebgram. Tuangkan saja kreativitas terbaikmu di Instagram dan sedotlah banyak pengunjung ya.

 

setelah mengetahui beberapa pekerjaan sambilan yang paling cocok untuk mahasiswa di atas, Loopers bisa berkarya di salah satu bidang dan mendapatkan penghasilan yang lumayan untuk menambah uang saku atau buat beli buku ya. Unggah keseruanmu selama bekerja itu di berbagai akun sosial media yang kamu miliki ya

 

sumber: www.hipwee.com