Kulit wajah kusam memang membuat masalah bagi seseorang apalagi bagi wanita. Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk merawat kulit wajah kusam, anda dapat melakukan perawatan wajah secara rutin dan teratur. Jika anda belum tahu caranya, anda bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah berikut ini.

1. Rutin dan teratur membersihkan kulit wajah

Untuk mendapatkan kulit wajah cerah alami, rutin membersihkan kulit wajah secara teratur menjadi hal penting yang harus dilakukan. Biasakan membersihkan wajah minimal 2 kali sehari, sehingga kulit wajah terhindari dari penumpukan kotoran dan sel kulit mati.

2. Gunakan pelembab wajah

Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa kulit kusam bisa terjadi akibat kulit kering dan kulit berminyak. Untuk anda yang memiliki kulit kering, sebaiknya anda rutin menggunakan pelembab wajah yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit kusam. Selain itu, pelembab wajah juga dapat membuat kulit menjadi lebih lembab dan kenyal. Berbeda dengan anda yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya anda memilih produk pelembab wajah yang tidak mengandung minyak dan pilih pelembab khusus untuk kulit berminyak.

3. Gunakan produk tabir surya

Kulit yang sering terpapar panas matahari secara langsung menjadi penyebab paling umum di alami banyak orang, kulit wajah yang sering terkena paparan sinar matahari secara langsung dan dalam waktu lama dapat berakibat buruk bagi kesehatan kulit serta dapat menjadi pemicu berbagai masalah kulit. Untuk mencegahnya, anda bisa memakai krim tabir surya ketika akan melakukan aktivitas di luar rumah, krim tabir surya ini dapat melindungi kulit wajah dari bahaya paparan sinar matahari

4. Konsumsi makanan Sehat

Kulit tidak hanya membutuhkan asupan nutrisi dari luar saja, tetapi juga membutuhkan asupan nutrisi dari dalam yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Beberapa jenis makanan sehat yang baik untuk kulit yaitu seperti sayuran, buah-buahan dan berbagai jenis makanan yang memiliki gizi seimbang agar kesehatan kulit tetap terjaga dengan baik.

5. Olahraga rutin

Memiliki peredaran darah di dalam tubuh yang lancar ternyata turut serta dalam membantu menutrisi kulit agar dapat terdistribusi dengan baik. Manfaat olahraga untuk kulit itu ternyata sangat banyak, beberapa diantaranya yaitu mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit wajah yang kusam dan mencegah kulit keriput. Hal ini dikarenakan, kulit wajah akan mengeluarkan banyak keringat ketika berolahraga. Keringat yang keluar dari kulit akan membawa serta kotoran dalam pori-pori dan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.Itulah beberapa cara merawat kulit wajah agar tidak kusam, anda dapat mencoba melakukan perawatan diatas secara rutin dan teratur agar kulit tampak lebih bersih, cerah dan bersinar.Selamat mencoba dan semoga berhasil.