Select Page

Masih banyak sekali orang yang tidak bisa peka dengan sifat yang mereka miliki sendiri. Kebanyakan hanya mau mengakui kelebihan saja dan malah mengelak kekurangan. Padahal, mengaku dan menyadari adalah kunci awal untuk berubah. Kalau dari awal sudah mengelak, bagaimana bisa berubah jadi lebih baik?

 

Sering tak disadari, ini lho 7 tanda nyata kalau kamu itu sebenarnya adalah orang yang sombong. Tidak perlu keras kepala dengan mengelak dan merasa benar. Kalau memang kamu merasakan semua tanda ini, ya jelas kamu termasuk salah satunya.

 

  1. Kamu tidak mau minta maaf dan mengakui kesalahan.

Sering kali mungkin kamu tidak sadar bahwa kamu tidak mau minta maaf dan merasa paling benar. Bahkan kamu tidak mau mengakui kesalahan yang telah kamu lakukan hanya karena orang yang berurusan denganmu memiliki level di bawahmu. Jangan seperti itu, kalau kamu masih bersikeras, berarti kamu memang orang sombong.

 

  1. Kamu tidak mau melakukan hal-hal yang dianggap orang remeh.

Tanpa sadar kamu menetapkan batasan untuk hal-hal yang kamu lakukan. Tidak mau melakukan pekerjaan yang orang anggap remeh dan hanya mau melakukan semua yang terlihat besar saja. Hati-hati, semakin tinggi kamu menetapkan batasan itu, semakin tidak layak kamu dihargai.

 

  1. Kamu menganggap semua orang yang bermasalah denganmu harus jadi pihak yang meminta maaf.

Kamu tidak mau meminta maaf dan harus orang lain yang minta maaf padamu, jangan begitu. Kamu juga perlu tahu bagaimana situasi dan kondisinya serta mau mengalah sesekali. Walaupun kamu benar, ketinggian hatimu terkadang adalah penyebab utama hancurnya relasi yang kamu miliki.

 

  1. Kamu jarang sekali bisa cocok dengan banyak orang dari banyak kalangan.

Kamu merasa tidak ada yang cocok denganmu. Kamu sering kali sulit menemukan orang yang bisa sepaham denganmu. Perhatikan ini, yang sepaham denganmu, adalah yang memiliki sifat yang sama denganmu, sama-sama sombongnya.

 

  1. Kamu merasa tidak membutuhkan orang lain.

Jangan dikira orang sombong itu hanya saat merendahkan orang lain saja, tidak membutuhkan orang lain juga termasuk sombong. Kamu merasa bisa melakukan semuanya sendiri dan merasa orang lain tidak penting lagi. Kalau kamu pernah berpikir seperti ini; kasihan sekali kamu.

 

  1. Kamu sering memuji diri sendiri secara berlebihan bahkan merendahkan orang lain dalam hati.

Kamu suka mencemooh orang lain bahkan dari dalam hatimu. Kamu bahkan suka memuji dirimu sendiri secara berlebihan. Biasanya, narsis seperti ini akan membawamu menuju kesombongan tiada tara. Bahkan, sombongmu itu bisa sampai ke langit saking tingginya.

 

  1. Kamu merasa kamu orang paling penting.

Alias kamu merasa sebuah pekerjaan atau kegiatan tidak akan berjalan lancar tanpa adanya dirimu. Inilah kesombongan yang hakiki. Kalau kamu merasa tanpa kamu pekerjaan itu tidak akan jalan, maka tandanya kamu tidak membutuhkan siapa-siapa. Jika masih ada orang lain yang ikut bekerja, tandanya kamu bukan orang pentingnya, semua yang terlibat sama-sama penting.

 

Tidak ada keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari kesombongan selain cemo’ohan dari orang lain. Kamu juga pasti tahu bahwa kesombongan hanya akan membuatmu terlihat miskin dan jelek dari wajahmu yang sekarang. Jadi sebanyak apapun yang kamu miliki dan secantik atau setampan apapun kamu sekarang ini, kalau kamu sombong, kamulah orang paling kasihan di bumi ini.

 

 

Sumber: www.idntimes.com