Select Page

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang mampu menghindarkan diri dari rasa malas. Seaktif dan serajin apa pun anda, pasti suatu saat anda merasa malas. Bagaimana kalau rasa malas bekerja sudah melanda? Tidak ada jalan lain kecuali melawan rasa malas tersebut dan mengusirnya jauh-jauh dari diri dan pikiran anda.

 

  1. Jangan pernah menunda

Ini adalah sebuah hal yang sederhana tapi kerap diabaikan. Kebiasaan buruk yang memicu rasa malas adalah sering menunda-nunda menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Sekali saja anda menunda, maka ini justru akan menambah besar rasa malas karena beban pekerjaan semakin besar. Dengan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, anda bisa terhindar dari sergapan rasa malas karena tidak ada tumpukan file pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Lebih menyenangkan melihat file yang masih menumpuk, atau file yang sudah selesai dikerjakan?

 

  1. Ukur kemampuan diri sendiri

Hanya anda yang tahu persis kemampuan anda yang sebenarnya. Coba amati butuh berapa lama kamu harus menyelesaikan satu penugasan. Apakah butuh 4 jam? Atau lebih dari 5 jam? Ukur dan pasang target waktu penyelesaian dari pekerjaan tersebut. Selanjutnya, evaluasi apakah anda bisa menyelesaikannya tepat waktu atau justru lebih cepat. Dengan mengetahui kemampuan diri sendiri secara tidak langsung anda sudah berupaya untuk menghilangkan rasa malas. Target yang anda canangkan juga bisa mendorong anda menyelesaikan tepat waktu dan menjauhi rasa malas.

 

  1. Atur to do list

Buat daftar kegiatan harian anda dalam sebuah catatan. Bisa dilakukan di laptop atau via notepad di smartphone. Bahkan kini sudah banyak aplikasi di ponsel yang bisa membantu anda membuat to do list harian. Perhatikan mana hal yang harus mendapat prioritas, mana hal yang bisa dilakukan belakangan. Dengan membuat rencana kegiatan ini nda sudah terbantu untuk menghilangkan rasa malas. Karena anda akan setengah dipaksa untuk menjalankan apa yang sudah anda rencanakan sebelumnya.

 

  1. Cermati makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh

Jangan sembarangan makan dan minum jika anda tidak mau dilanda kemalasan. Makan mi instan juga akan membuat anda merasa malas. Percaya atau tidak, tubuh perlu berjam-jam untuk mencerna mi instan. Terlalu kenyang juga akan cenderung membuat orang menjadi malas gerak. Makanlah sebelum anda lapar berhentilah sebelum anda kenyang.

 

  1. Biasakan bangun pagi

Cara lain menghilangkan rasa malas adalah dengan membiasakan diri bangun pagi. Dengan terbiasa bangun pagi, tubuh akan terasa lebih segar dan bersemangat, anda pun bisa lebih siap menjalani hari dengan lebih bertenaga dan penuh energi. Tentu saja, jangan lupa sarapan setelah bangun dan mandi pagi. Karena sarapan akan membantu anda lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan dari pagi sampai siang saat waktu makan siang tiba. Untuk bisa bangun pagi, anda sudah pasti tidak boleh tidur larut malam. Maksimal jam 10 malam mata anda sudah terpejam dengan tubuh terbaring di atas kasur yang hangat.

 

  1. Dengarkan musik yang groovy

Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara mengatasi rasa malas. Tentu saja musik yang didengarkan bukan yang bertempo lamban dan mendayu-dayu. Tapi musik dengan irama menghentak yang membuat peredaran darah di tubuh anda berjalan lebih cepat. Musik-musik groovy yang memancing tubuh bergoyang cukup pas dijadikan penyemangat pagi anda.

 

  1. Istirahat yang cukup

Kelelahan menjadi faktor yang cukup berpengaruh dalam menciptakan rasa malas. Ketika tubuh anda lelah, dapat dipastikan semua semangat pun akan luntur. Yang tersisa adalah keinginan untuk istirahat dan akhirnya memancing untuk berleha-leha. Karena itu, untuk menghilangkan rasa malas akibat badan yang lelah, jangan paksa tubuh anda mencapai batas, istirahatkan secara cukup. Terutama di malam hari, saat semua organ tubuh tengah melakukan proses revitalisasi kondisi. Namun, jangan sampai istirahat anda kebablasan. Jika ini terjadi, yang muncul bukan rasa segar setelah beristirahat. Tapi rasa malas karena badan sudah terlalu banyak diajak santai.

 

  1. Berolahraga

Berolahraga secara rutin di pagi hari akan memacu aliran darah anda. Metabolisme tubuh pun mampu bekerja dengan maksimal. Dengan berolahraga, adrenalin anda akan muncul dan memicu semangat untuk beraktivitas. Tapi tentu saja bukan olahraga yang berat. Kalau terlalu berat, anda justru akan merasa lelah dan ujungnya menjadi malas. Cukup olahraga ringan seperti berjalan kaki mengelilingi tempat tinggal nda. Bisa juga melakukan joging ringan sekitar 15-20 menit. Melakukan senam ringan di depan rumah juga bisa membuat tubuh nda lebih siap menjalani aktivitas. Jalani olahraga secara rutin, maka anda akan mulai terhindar dari rasa malas.

 

Sumber: www.tipspengembangandiri.com