Semua orang pasti tahu tentang minyak kayu putih yang memiliki efek aroma terapi bagi pernafasan maupun untuk menghangatkan badan. Meskipun aman bagi semua orang namun minyak kayu putih ternyata bisa berbahaya jika tanpa sengaja ditelan. Kejadian minyak kayu putih tertelan sering terjadi pada anak-anak yang belum mengerti bahwa minyak kayu putih seharusnya tidak boleh diminum. Jika ditelan dalam jumlah yang banyak, minyak kayu putih dapat membahayakan tubuh. Apa dampaknya dan bagaimana penanganannya?

 

Dalam dunia kedokteran, golongan bahan seperti minyak kayu putih termasuk dalam golongan hidrokarbon karena mengandung zat minyak. Bila tertelan dalam jumlah banyak, minyak kayu putih dapat menyebabkan gejala keracunan seperti rasa mual, muntah, pusing, hingga gangguan pada pernapasan dan aliran darah.

 

Gejala yang dialamiĀ  dapat berbeda antar individu dan sangat tergantung pada berapa banyak minyak kayu putih yang tertelan. Berikut bentuk pertolongan pertama yang harus diberikan apabila hal tersebut menimpa buah hati anda:

 

Minum susu dan arang akif

Jika anda atau anak anda tertelan minyak kayu putih, langkah yang perlu anda lakukan adalah jangan berusaha memuntahkan minyak tersebut karena dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut pada rongga mulut dan kerongkongan. Jika ada, anda boleh segera meminum susu atau meminum arang aktif (active charcoal). Zat arang aktif ini biasanya terdapat dalam obat-obat anti diare tertentu.

 

Larikan ke rumah sakit

Setelah penanganan awal di rumah, segeralah ke UGD rumah sakit terdekat. Di UGD dokter akan menilai kondisi tubuh anda serta melakukan tindakan selanjutnya. Bila perlu, dokter akan memberikan oksigen, memasang infus, serta melakukan tindakan pembilasan lambung untuk mengeluarkan minyak kayu putih yang belum terserap di lambung.

 

Nah, kini anda sudah mengetahui apa langkah pertolongan pertama yang harus anda lakukan di rumah jika tak sengaja menelan minyak kayu putih. Selain itu, untuk mencegah agar tidak tertelan minyak kayu putih, letakkanlah minyak kayu putih di tempat khusus yang tidak mudah dijangkau oleh anak-anak.

 

 

Sumber: www.klikdokter.com, www.idnportal.com