Sebagai manusia, wajar rasanya kita menginginkan banyak hal untuk menjadi milik kita. Ingin ini, ingin itu, ingin seperti mereka, ingin seperti dia, dan masih banyak lagi. Tidak terhitung rasanya keinginan kita yang terkadang kita anggap biasa, hingga menimbulkan perasaan iri terhadap orang lain.

Iri merupakan perasaan yang tidak pernah kita inginkan, namun cukup mengganggu saat sudah melekat di dalam diri kita. Iri yang dirasakan manusia pun beragam, tak hanya kepada orang yang tidak dikenal namun sering dilihat di layar kaca. Tapi juga terhadap orang terdekat seperti teman bahkan anggota keluarga. Tapi nyatanya tetap ada cara supaya kita tidak merasakan iri.

1. Seringlah ‘bercermin’

Setiap hari kita mungkin bercermin, melihat dan memastikan apakah penampilan kita sudah menarik dan cukup baik. Namun yang sering kita perhatikan hanyalah penampilan luar saja. Bagaimana dengan hati dan kepribadian kita? Tidak semua manusia memahami bagaimana diri mereka dengan baik. Sehingga seringkali harus merasa membandingkan dirinya dengan orang lain.

Dengan bercermin, kita menjadi lebih tahu dan memahami apa yang lebih dan kurang dari diri kita. Kelebihan yang patut kita syukuri dan kekurangan yang tidak boleh membuat kita merasa lebih rendah dari orang lain. Dengan bercermin kita pun menjadi lebih tahu apa potensi yang kita miliki. Bahkan mungkin saja ada hal yang tidak kita sadari kita miliki lebih dari orang lain.

2. Perbanyaklah bertukar cerita dengan orang lain

Merasa iri terhadap orang lain bisa jadi karena kita pun hanya melihat mereka dari sosok luarnya saja. Penampilan dan kehidupan yang kita ketahui melalui pandangan mata kita. Bukan dari cara hati kita mengenalnya. Bisa jadi ada banyak hal yang tidak kita tahu dan sulit kita pahami dari orang lain.

3. Cari tahu potensimu di bidang yang lain

Siapa bilang setiap manusia hanya bisa melakukan satu hal di dalam hidupnya. Terkadang kita sulit melihat potensi lain diri kita karena terlalu fokus pada satu hal termasuk perasaan iri saat membandingkan dengan orang lain. Ada saatnya kita pun perlu melihat potensi lain dari dalam diri kita. Memahami apa yang kita sukai dan apa yang bisa kita lakukan. Bukan sekadar mencari apa yang bisa menghasilkan.

4. Berhenti membandingkan

Terdengar sangat klasik, namun cukup sulit untuk dilakukan. Yaitu membandingkan diri dengan orang lain. Sebagai manusia kita pasti ingin menjadi yang terbaik dari sekeliling kita. Setidaknya menjadi lebih menonjol dari orang yang kita kenal. Sehingga kita selalu merasa diri kita tak memiliki apapun sedangkan orang lain dikelilingi dengan kesempurnaan.

5. Lakukan hal yang kamu sukai sebagai rasa syukur

Untuk yang terakhir, kamu bisa melakukan hal yang kamu sukai sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang kamu miliki selama ini. Jika kamu membayangkan atau kembali memikirkan, bisa jadi banyak hal yang sudah lupa kamu lakukan hanya karena kamu terlalu fokus pada rasa irimu. Tapi kini saatnya kamu berubah.

Cobalah lakukan hal yang membuatmu senang, bukan hanya menyenangkan dan memberikan apresiasi pada dirimu. Tapi juga menjadi salah satu bentuk syukur atas kehidupanmu yang masih sering kamu lupakan. Kamu tidak perlu merasa iri kepada orang lain, sebab kamu pun bisa melakukan dan memiliki apa yang orang lain miliki.

Sumber: www.idntimes.com