Siapa sih yang mau dipenjara? Pastinya kebanyakan dari kita akan menolak untuk tidur dan melakukan aktivitas lainnya di dalam penjara. Pada dasarnya manusia adalah mahluk bebas, dan penjara menjadi bentuk dari sebuah keterkungkungan. Meskipun begitu, penjara juga dianggap sebagai tempat merenung bagi para pelaku kejahatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik setelah keluar dari penjara. Namun apa jadinya jika penjara yang seharusnya menjadi tempat intropeksi diri justru malah menjadi tempat paling mengerikan di dunia?

1. Penjara Bang Kwang, Thailand

Penjara Bang Kwang menjadi salah satu penjara yang sering dibahas media internasional karena “kengeriannya”.

Narapidanya sampai diwajibakan memakai belenggu besi yang diikatkan ke kedua kaki selama tiga bulan pertama. Lebih kejamnya lagi, narapidana yang terancam hukuman mati bahkan harus memakai belenggu besi sampai eksekusi. Tidak hanya itu, kabarnya para penghuni penjara ini juga hanya mendapatkan satu mangkok sup untuk jatah makan sehari.

2 Penjara Urga, Mongolia

Mongolia pernah mempunyai sejarah yang kelam dalam menghukum warganya. Sekitar tahun 1918, seorang penjelajah kenamaan Amerika Serikat, Roy Chapman Andrews, menggambarkan bagaimana mengerikannya penjara di Urga. Menurut kesaksian Andrews, para narapidana tidak ditempatkan di sebuah sel tahanan, melainkan di sebuah peti kayu di ruang bawah tanah yang gelap.

3. Penjara Petak Island, Rusia

Rekor penjara terketat di bumi mungkin dipegang oleh penjara Petak Island di Rusia. Tidak hanya ketat, penjara Petak Island juga disebut-sebut sebagai penjara paling berbahaya di Rusia karena sebagian besar narapidananya adalah penjahat kelas kakap. Lebih parahnya lagi, penjara ini hanya memperbolehkan narapidananya dikunjungi oleh dua pengunjung selama setahun.

4. Kamp Tahanan Teluk Guantánamo

Kamp Tahanan Teluk Guantánamo terletak di Teluk Guantanamo yang merupakan tempat hukuman bagi para teroris serta penjahat-penjahat berbahaya lainnya. Penyiksaan berupa kelaparan adalah hal yang biasa dialami oleh para narapidana di penjara yang telah berusia 116 tahun ini.

5. Kamp Sumter, Amerika Serikat

Kamp Sumter terletak di Andersonville, Georgia, Amerika Serikat. Kamp Sumter terkenal sebagai penjara paling mematikan selama perang sipil Amerika Serikat”. Selama 12 bulan sebelum perang sipil berakhir, tercatat setidaknya ada lebih dari 45 ribu prajurit yang ditahan di penjara tersebut. Makanan dan air yang tidak memadai, sel yang penuh, serta sanitasi yang buruk membuat puluhan ribu tahanan meninggal dunia. Tercatat hampir 13 ribu tahanan perang tewas karena terserang penyakit.

Sumber: www.akurat.co