Saat teman butuh bantuan, kita memiliki kewajiban untuk membantu. Termasuk juga saat teman kepepet butuh uang untuk keperluan mendadak. Akan tetapi jika kita mampu, jika tidak tentu bisa memberi jawaban sendiri. Sayangnya, tidak semua teman tahu diri jika kita bisa peduli padanya. Banyak yang berpura-pura dan bisa bersandiwara untuk meyakinkan Kita bahwa dia benar-benar butuh bantuan meskipun sebenarnya hanya ingin memanfaatkan.

Kita merasa bingung harus berbuat apa terutama saat kita juga butuh uang tersebut. Dan jika keadaan ini pernah atau nanti menimpa Kamu, berikut kenyataan-kenyataan yang ada saat teman tidak tahu diri pinjam uang pada Kamu.

1. Jika tidak meminjamkan dengan alasan apapun yang mungkin alasan tersebut benar-benar menunjukkan bahwa kita juga butuh, teman seperti kecewa dan sikapnya berubah. Bahkan tidak sedikit yang mulai membongkar keburukan kita karena alasan kecewa tidak dipinjami uang. Paling sepele, mengatakan kita pelit.

2. Jika diberi pinjaman, setelah itu dia akan menghilang sejenak dan tidak tahu apa kabarnya. Setelahnya justru mendapatkan kabar dia baru saja melakukan sesuatu atau membeli sesuatu yang cukup menghabiskan uang dalam jumlah tidak sedikit.

3. Saat ada kemungkinan berpapasan, dia justru berpaling dari jalur atau setidaknya pura-pura tidak melihat kita.

4. Kalau terpaksa harus berinteraksi, dia justru berlagak tidak ada apa-apa seolah lupa dengan hutang tersebut.

5. Dia terkesan santai sehingga jika ingin menagih, Kita tidak enak sendiri.

6. Kalau sudah mengumpulkan keberanian untuk menagih hutang pada dia, ada saja alasan untuk membuatnya terhindar dari acara membayar hutang saat itu.

7. Karena merasa butuh uang tersebut, terpaksa kita harus berkali-kali meminta padanya. Dan saat itu terjadi, kita justru seperti pengemis untuk uang kita sendiri. Repot sendiri dan kadang juga mendapatkan kemarahan dari dia.

8. Jika kita marah juga padanya, hubungan justru menjadi rusak dan sama-sama kaku saat bertemu dilain waktu.

9. Jika mengembalikan saat kondisi marah, dia justru memberikan seolah kita yang salah dan dia memberikan dengan cara yang tidak baik dan bisa memancing emosi.

10. Jika tidak dikembalikan, Kita kesal sendiri dan perasaan menjadi mengganjal. Bukan karena nilai dari uang tersebut, tapi sikap tidak tahu dirinya setelah meminjam uang pada kita.

Hanya sebagai hiburan saja. Semoga tidak menciptakan kesan yang buruk. Pelajaran dari ini, jika kita benar-benar butuh uang, sebaiknya jadilah pelaku hutang yang bertanggung jawab. Dan jika ada teman tidak tahu diri yang meminjam uang, sebaiknya ukur kemampuan diri sendiri. Jika uang lebih berikan saja pada dia. Sehingga tidak akan jadi beban nantinya. Karena percuma saja jika disebut hutang, jika kita sudah tahu dia adalah tipe peminjam yang tidak tahu diri, ujung-ujungnya masalah. Jadi berikan saja jika ada uang lebih dan jika ada tapi kamu juga butuh, tidak perlu mencari masalah dari awal.

Sumber: www.madjongke.com