Rumah sakit sering menyimpan cerita misteri. Aroma obat yang tidak menyenangkan, tangis duka cita, dan banyaknya orang yang menghembuskan napas terakhir di sana, membuat rumah sakit selalu meninggalkan kesan seram.

Selain rumah sakit umum, rumah sakit jiwa dan sanatorium juga menyimpan banyak cerita menyedihkan. Di tahun 1800, ada banyak metode menyakitkan dan mengerikan untuk mengembalikan kesembuhan pasien yang mengalami gangguan jiwa. Pasien dengan gangguan mental sering dijadikan bahan percobaan untuk perkembangan ilmu kedokteran. Mereka dianggap manusia kelas rendah, sehingga dapat dijadikan kelinci percobaan, bahkan jika mereka harus kehilangan nyawa akibat percobaan tersebut.

Ada banyak rumah sakit jiwa di seluruh dunia yang ditinggal begitu saja sejak puluhan tahun. Rumah sakit tersebut dibiarkan terbengkalai tanpa perawatan, bahkan kerusakan tampak jelas di dalamnya. Hal tersebut membawa Eric Vernor, dari Indiana untuk mengabadikan sisi gelap berbagai rumah sakit jiwa dalam foto. Proyek tersebut dituangkan dalam buku yang diberi judul Haunted Asylums.

“Suasana rumah sakit sudah lebih dari cukup untuk membenarkan laporan penampakan dan cerita aneh pertemuan dengan hantu,” ujar sang penulis.

Dari Inggris hingga Amerika, inilah beberapa hasil foto rumah sakit angker yang terkumpul.

Foto Rumah Sakit Angker

Dari balik bangunan megah ini, terdapat banyak kisah memilukan. Sangat disayangkan, bangunan dengan desain kuno tetapi megah ini tidak mendapatkan perawatan dan ditinggalkan begitu. Eric Vernor mengatakan bahwa selain sisi horor dari rumah sakit tua yang ditinggalkan, dia sangat menyukai desain bangunan kuno. Ada nilai artistik di dalamnya, sayang.. menyimpan sisi gelap dari masa lalu.

Foto Rumah Sakit Angker 2

(c) dailymail.co.uk

Di dalam bangunan rumah sakit, kamu akan melihat banyak benda mengerikan dan atmosfer memilukan. Ada sanatorium dengan berbagai peralatan untuk mengikat pasien. Seringkali hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan medis di masa lalu tabu untuk diungkapkan, tetapi foto-foto ini menjadi bukti nyata tak terbantahkan.

Foto Rumah Sakit Angker 3

“Buku ini tidak ¬†hanya membagikan kisah menyeramkan dan memilukan dari sejarah yang ada pada tempat-tempat yang diklaim dapat menyembuhkan seseorang. Sangat menyedihkan, tapi benar bahwa apa yang sering kamu lihat di film horor (penyiksaan) benar-benar terjadi di masa lalu.” ujar Eric Vernor, dilansir Dailymail.¬†

Foto Rumah Sakit Angker 4

(c) dailymail.co.uk

“Rumah sakit telah lama menjadi tempat di mana roh-roh orang mati dikatakan terkurung di dalamnya. Apakah ada yang benar-benar kehilangan mereka dan jiwa sedih terperangkap di dalam bangunan ini ditinggalkan?” ujar sang penulis. 

Foto Rumah Sakit Angker 5

(c) dailymail.co.uk

Kursi listrik kaget dan alat penyiksaan lain hanyalah sedikit dari kisah masa lalu yang akan kamu temukan. Bagaimana para pasien menjalani penderitaan bahkan kehilangan nyawanya demi percobaan terasa sangat jelas di sini. Semua benda yang tersisa, suasana hening mencekam menjawab semua kisah masa lalu yang memilukan.

Foto Rumah Sakit Angker 6

(c) dailymail.co.uk

Gema memilukan sangat terasa saat melihat berbagai sisa barang-barang yang mengalami kerusakan. “Saya menyukai pengaruh gelap dari masa lalu, yang digunakan pada tahun 1800-an. Ada benda-benda dari kayu yang masih bisa Anda lihat. Tetapi menyedihkan melihat semua benda itu dalam kondisi rusak,” ujar Eric Vernor. 

Foto Rumah Sakit Angker 7

(c) dailymail.co.uk

Foto-foto yang dihasilkan memang sangat indah sekaligus memilukan. Tanpa hadir di rumah sakit tersebut, kita dapat merasakan bagaimana teriakan kesakitan para pasien rumah sakit jiwa atau yang diasingkan dalam sanatorium. Semoga jiwa-jiwa mereka tetap tenang setelah melalui berbagai kekejaman di masa lalu.

Sumber : fimela.com