1. Olahraga

Bukanlah sesuatu yang mengagetkan lagi, olahraga merupakan salah satu aktivitas sekaligus hobi yang paling penting bagi seluruh umat manusia. Selain tentu saja menyehatkan dan membugarkan badan, olahraga juga ternyata bisa membuat lebih pintar, lho.

2. Bermain Alat Musik

Jika kamu memiliki hobi bermain alat musik maka hal tersebut akan lebih baik lagi. Bayangkan jika kamu mampu menghafal not sebuah lagu yang banyak sekali barisnya, atau kord lagu, dan ketika memainkan lagu tersebut dengan alat musik, kamu dilatih untuk mengingat kembali struktur not tersebut termasuk tempo dan segala bentuk perpindahannya.

3. Membaca Buku

Hal ini memang sudah sangat jelas. Kamu sepertinya tidak membutuhkan pembahasan panjang lebar mengenai hal ini. Namun yang perlu kamu ingat, membaca buku tentu saja mampu membuat wawasanmu menjadi bertambah, memperkuat kosa kata dan gaya bahasa, membuatmu berpikir menjadi lebih kritis, mendapatkan pemikiran dari segi filosofi, dan tentu saja bisa dijadikan hobi yang bisa membuatmu lebih pintar.

4. Belajar Bahasa Asing

Selain meningkatkan ‘status sosial’ kamu di lingkungan tongkrongan dan membuatmu terlihat jauh lebih keren, menguasai bahasa asing juga membuktikan bahwa kamu orang yang kompeten di era sekarang ini. Menguasai bahasa asing itu memang tidak mudah, apalagi jika kamu tidak punya dasar dan tidak ada teman berbicara.

5. Latih Otakmu Dengan Puzzle dan Semacamnya

Sudoku, tebak gambar, teka-teki silang, dan berbagai jenis puzzle bisa kamu gunakan untuk sekedar melatih otakmu untuk terus berpikir menyelesaikan masalah. Kegiatan tersebut mampu meningkatkan neuroplasticity. Ini mencakup berbagai perubahan jalur saraf dan sinapsis yang pada dasarnya adalah kemampuan otak untuk menata kembali dirinya sendiri.

6. Lakukan Hal Baru

Daripada kamu melakukan berbagai macam aktivitas yang itu-itu saja, sekarang saatnya kamu melakukan berbagai macam hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah kamu lakukan. Melakukan berbagai macam kegiatan baru bisa membuatmu terlatih untuk menguasai skill baru. Otak dan tubuh akan bereaksi dengan cara yang baru pula, dengan cara yang berbeda dari kebiasaan yang selama ini kamu lakukan.

7. Pergi ke Tempat-Tempat Baru

Bepergian tidak hanya berguna untuk mengatasi rasa bosan, ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dari traveling. Traveling itu sangat berguna dan penting, namun ketika kita membicarakan traveling, di bagian ini kita hanya akan berbicara mengenai traveling ke tempat-tempat baru, tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi.

Sumber: www.gen20.xyz