Select Page

Vendor smartphone Samsung secara resmi telah meluncurkan seri S9, bersamaan dengan seri S9 Plus, pada Minggu (25/2/2018) di Barcelona, Spanyol. Dirilis selang hampir setahun dari pendahulunya, yakni Samsung Galaxy 8, beberapa fitur terus disempurnakan bahkan diperbarui di seri Galaxy S9 ini. Selain kamera, tentunya keunggulan lain juga disematkan pada flagship Galaxy S9 yang bisa menjadi smartphone pilihan anda selanjutnya. Berikut rangkuman Kompas.com.

 

Layar luas

Secara fisik, Galaxy S9 memang mirip dengan pendahulunya. Samsung tetap mempertahankan bentang layar 5,8 inci dengan rasio 18,5:9 pada Galaxy seri ini. Ukuran layar ini tentunya akan memuaskan para pecinta game atau penikmat video. Apalagi sisi layar juga dibuat tanpa bingkai sehingga ponsel mudah digenggam sekalipun memiliki layar yang lebar.

 

  1. Memori besar

Untuk perkara memori seri ini juga tak berbeda dengan Galaxy S8. Keduanya mengusung RAM 4 GB. Namun, Galaxy S9 jauh lebih unggul dalam penggunaan memori eksternal yang bisa mencapai 400 GB. Sementara S8 hanya berada di angka 256 GB.

 

Prosesor kelas atas

Samsung meningkatkan kemampuan dapur pacunya pada seri ini yang membuat S9 paling bertenaga ketimbang seri-seri sebelumnya. Sebagai perbandingan, Galaxy S8 hanya mengusung prosesor Exynos 8895. Sementara itu, Galaxy S9 dilengkapi dengan prosesor Exynos 9810.

 

  1. Dual-aperture camera

Kamera menjadi hal yang paling diunggulkan pada Samsung Galaxy S9. Salah satu yang patut diacungi jempol adalah fitur dual-aperture. Aperture mengacu pada lebar bukaan lensa (entrance pupil) tempat cahaya masuk sebelum mengenai sensor pengambil gambar di kamera. Semakin besar bukaannya (f/1.5 dalam hal ini mewakili bukaan yang lebih lebar dari f/2.4), maka semakin banyak cahaya yang masuk. Jadi, bukaan lensa kamera bisa dipilih antara f/1.5 untuk mengoptimalkan pemotraten dalam kondisi low-light, dan f/2.4 untuk menangkap detail maksimal saat terdapat banyak cahaya, misalnya ketika siang hari.

 

  1. Super-slow motion camera

Masih pada kamera, fitur yang satu ini memang sangat dinanti oleh para pembuat video atau vlogger. Perekaman super-slow motion ini mampu menangkap momen empat kali lebih lambat dibandingkan Galaxy S8. Dengan frame rate 960 fps di resolusi 720p atau 240 fps dengan resolusi 1080p, S9 mampu memperpanjang momen 0,2 detik menjadi 6 detik sehingga akan memberikan efek gambar yang lebih dramatis

 

  1. AR Emoji pada seri Galaxy S9

Samsung memperkenalkan sebuah inovasi baru, yakni penggabungan emoji dengan teknologi Augmented Reality (AR) lewat fitur yang dinamai “AR Emoji”. AR Emoji memungkinkan pengguna untuk membuat emoji yang mirip dengan mereka. Tidak hanya penampakan yang mirip, karakter dan ekspresi juga akan menyesuaikan dengan wajah pengguna. Selain itu, pengguna juga bisa memodifikasi warna kulit, ukuran mata, jenis dan warna rambut, serta aksesori seperti baju dan kacamata. Fitur ini tentunya akan semakin menghidupkan komunikasi virtual.

 

  1. Aplikasi cek kesehatan

Samsung pernah menyelipkan aplikasi kesehatan di Galaxy S4 pada 2013. Aplikasi bernama S Health itu dapat mengukur berat badan, gula darah, dan tekanan darah. Nah, pada seri Galaxy S9 ini, Samsung meluncurkan aplikasi kesehatan bertajuk My BP yang bekerja sama dengan University of California, San Francisco. Ketika membuka aplikasi My BP Lab yang bisa diunduh di Play Store mulai 15 Maret mendatang, pengguna akan diundang untuk bergabung dalam penelitian UCSF selama tiga minggu, guna melacak tingkat stres dan bagaimana emosi dapat memengaruhi kesehatan sehari-hari.

 

  1. Asisten lebih cerdas

Asisten digital Samsung yang diberi nama Bixby memang telah hadir sejak generasi Galaxy 8. Bixby bisa memandu pengguna untuk menjalankan semua aplikasi yang ada pada ponsel. Bahkan, Bixby bisa membantu mencari gambar, mengingatkan beberapa tugas, dan operasi sejenis lainnya. Namun, pada Galaxy S9, Bixby diklaim lebih cerdas. Salah satu keunggulannya adalah melakukan live translate yang memungkinkan pengguna menerjemahkan sebuah bahasa asing hanya dengan mengarahkan kamera ke tulisan tersebut.

9. Harga kompetitif

Semua keunggulan yang disematkan pada Samsung Galaxy 9 bisa didapatkan dengan harga yang kompetitif. Dengan empat pilihan warna, yakni Midnight Black (hitam), Titanium Gray (abu-abu), Coral Blue (Biru), dan Lilac Purple (Ungu), Samsung Galaxy S9 dijual dengan harga Rp 11.499.000, sedangkan untuk seri S9 Plus berada pada harga Rp 12.999.000.