Pernah nggak secara tidak sadar berat badanmu naik karena nafsu makan yang nggak terkendali? Apalagi kalau sedang stres atau banyak pikiran, susah banget pastinya untuk mengendalikan nafsu makan. Tahu-tahu berat badan sudah naik dan jadi nekat minum pil diet agar tubuh kembali langsing.

Mengonsumsi pil diet sembarangan jelas bukan hal yang disarankan, ladies. Lebih baik pilih cara yang lebih alami dan aman. Seperti cara-cara berikut untuk menjaga berat badan tetap proporsional yang terbilang lebih aman.

1. Pilih Camilan yang Sehat

Namanya wanita ya kadang susah banget menahan godaan dari aneka camilan. Mulai dari keripik, aneka gorengan, hingga makanan instan atau cepat saji lainnya. Sekarang, coba pilih jenis camilan sehat yang bikin kenyang lebih lama, seperti kacang almond dan buah apel. Dilansir dari boldsky.com, kacang almond kaya akan antioksidan, vitamin E, dan magnesium yang dapat membuat kenyang lebih lama. Sementara itu, buah apel selain kaya serat dan juga mengandung pektin yang dapat menjaga kadar glukosa dan meningkatkan energi dalam tubuh.

2. Minum Air Putih Sebelum Makan

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang minum 2 gelas air sebelum makan, akan mengonsumsi 75-80 kalori lebih sedikit dibandingkan orang yang tidak minum air putih dulu sebelum makan. Dengan minum air putih terlebih dahulu, kita akan lebih berhati-hati saat makan agar tidak kekenyangan.

3. Konsumsi Makanan yang Bisa Bikin Kenyang dalam Waktu Lama

Sering merasa lapar? Coba sekarang saatnya mengganti menu makanan sehari-hari. Beberapa jenis makanan yang bisa bikin kenyang lebih lama, antara lain buah alpukat, telur, dan ubi jalar. Imbangi juga dengan konsumsi buah dan sayur yang kaya serat.

4. Tidur yang Cukup

Salah satu kunci untuk menjaga berat badan tetap seimbang adalah dengan tidur yang cukup. Kalau kurang tidur, dampaknya sistem metabolisme tubuh bisa terganggu dan membuat sistem pencernaan tidak berfungsi dengan optimal. Sedangkan kalau kamu bisa mendapat tidur yang cukup, proses pencernaan bisa berjalan lancar dan semua makanan yang dikonsumsi bisa tercerna dengan baik.

Sumber: www.fimela.com