Kebanyakan wanita lebih menyukai pria ekstrovert. Pria yang memiliki kepribadian terbuka seperti ini memang lebih mudah didekati dan tampak menonjol. Sementara itu pria yang pendiam dan tertutup cenderung kurang menonjol. Karena sikap mereka yang jauh dari ‘ramai’, pria pendiam jadi kurang diperhatikan. Tetapi ada juga beberapa wanita yang menganggap pria pendiam lebih menarik. Mungkin kamu termasuk salah satunya.

Inilah beberapa poin yang jadi kelebihan pria pendiam:

1. Jarang lepas kontrol

Karena mereka bukan jenis orang yang mudah menunjukkan emosi, biasanya pria-pria pendiam jarang lepas kendali saat sedang marah. Lagipula umumnya mereka menganggap hal tersebut sebagai sikap yang memalukan.

2. Tidak ‘genit’

Kebanyakan pria pendiam sulit menunjukkan keakraban, terutama dengan lawan jenis. Karena itu kamu tak perlu khawatir dia akan berdekat-dekatan dengan wanita lain.

3. Tidak cerewet

Pria pendiam tidak suka mengeluh. Karena itulah mereka cenderung tidak rewel. Mereka akan menyampaikan keberatan-keberatan mereka terhadap berbagai hal hanya jika benar-benar penting.

4. Cenderung berkepala dingin

Karena mereka tidak ingin terlalu banyak bicara, biasanya mereka memikirkan dahulu apa yang hendak mereka sampaikan. Saat berada dalam pertengkaran pun, mereka lebih suka menyelesaikannya dengan kepala dingin, tanpa disertai emosi yang berlebihan.

5. Tidak suka ikut campur urusan orang lain

Mereka tidak suka ikut campur dalam urusan orang lain. Karena itulah mereka bisa diandalkan untuk menyimpan rahasia. Rahasia kamu akan aman bersamanya.

Nah, itu tadi lima kelebihan yang dimiliki pria pendiam. Tetapi ada beberapa risiko yang harus kamu hadapi jika memilih untuk berpacaran dengan pria pendiam. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Emosinya sulit ditebak

Karena ia tidak suka menunjukkan emosi, akhirnya kamu jadi sulit menebak bagaimana suasana hatinya. Sikap diamnya ini akan sering membuat kamu ragu.

2. Sulit berterus terang

Kamu harus sering menanyakan pendapatnya tentang berbagai hal, karena dia tidak akan menunjukkan rasa suka atau ketidaksetujuannya dengan mudah.

3. Sulit akrab dengan teman atau keluargamu

Sifat pendiam seringkali membuat orang jadi salah paham. Pemiliknya jadi sering dicap sombong, meskipun pada kenyataannya mereka hanya pemalu atau memang tak pandai berkata-kata. Ini akan membuat dia jadi sulit berbaur dengan orang-orang terdekat kamu. Padahal kamu ingin agar dia bisa akrab dengan para sahabat atau orang tua.

4. Kamu yang memegang kendali dalam percakapan

Kamu akan jadi pihak yang paling banyak ‘bicara’ dalam hubungan bersama si pendiam. Kamu yang lebih banyak mengemukakan inisiatif dalam banyak hal. Dan kadang-kadang hal ini bisa membuat frustrasi.

5. Sulit bersikap romantis

Sifat pendiam seringkali sejalan dengan sifat pemalu. Karena itulah dia akan merasa kesulitan jika diminta untuk bersikap romantis.

Sumber: www.merdeka.com