Manusia bisa bertahan hidup tanpa makanan, namun tidak untuk tidur. Manusia sendiri menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur. Tak hanya manusia, hewan pun tidur lama, lho. Lantas, hewan apakah yang punya jam tidur terlama? Dilansir dari Top10Hell, berikut di antaranya.

1. Bajing adalah hewan pengerat yang dalam bahasa Inggris disebut squirrel. Di Indonesia, pada umumnya, kamu akan menemukan spesies bajing terbang atau bajing pohon. Ternyata, bajing punya jam tidur yang panjang, lho. Sebanyak 62 persen waktunya dalam sehari digunakan untuk tidur.

2. Tupai (Anathana ellioti), rata-rata 15,8 jam sehari. Berbeda dengan bajing, tupai adalah pemakan serangga. Bisa dibilang, dia seperti celurut yang tinggal di pohon. Hanya saja, tak semua tupai tinggal di pohon. Adapun, dalam sehari, sebanyak 65,8 persen hidupnya dipakai untuk tidur.

3. Harimau (Panthera tigris), rata-rata 15,8 jam sehari. Harimau adalah jenis kucing terbesar yang buas dan sering memburu mamalia besar, seperti rusa, kijang, atau babi. Kekuatan dan kecepatan yang luar biasa ternyata juga punya konsekuensi besar. Dia perlu tidur untuk mengembalikan kekuatannya. Sebanyak 65,8 persen waktunya dalam sehari dipakai untuk tidur.

4.. Ular sanca (Pythonidae), rata-rata 18 jam sehari m. Ular sanca menyebar luas dari Afrika, Asia, hingga Australia. Beberapa jenisnya pun ditemukan sebagai salah satu ular terpanjang di dunia. Ular sanca bukanlah hewan berbisa, namun mereka biasa memangsa hewan besar. Dalam sehari, sebanyak 75 persen waktunya digunakan untuk tidur.

5.. Oposum Virginia (Didelphis virginiana), rata-rata 18 jam sehari. Oposum Virginia adalah hewan berkantung (marsupial) asal Rio Grande, Amerika Serikat. Hewan ini sering berada di dekat kota untuk mengacak-acak tempat sampah. Dalam sehari, oposum Virginia bisa menghabiskan 75 persen waktunya dalam sehari untuk tidur.

6. Armadillo raksasa (Priodontes maximus), rata-rata 18.1 jam sehari. Armadillo raksasa adalah spesies armadillo terbesar yang bisa ditemukan di hutan tropis Amerika Selatan. Spesiesnya termasuk hewan yang terancam punah. Uniknya, hewan ini punya waktu tidur yang sangat lama, yakni sebesar 75,4 persen waktunya dalam sehari digunakan untuk tidur.

7. Kelelawar cokelat kecil (Myotis lucifugus), rata-rata 19,9 jam sehari. Kelelawar cokelat kecil adalah spesies kelelawar dengan telinga tikus dan banyak ditemukan di Amerika Utara. Kelelawar ini punya jam tidur yang luar biasa, yakni sebesar 82,9 persen waktunya dalam sehari dipakai untuk tidur.

8. Koala (Phascolarctos cinereus), rata-rata 22 jam sehari. Koala adalah hewan khas dan terkenal dari Australia. Mungkin seperti yang kamu duga, koala adalah hewan yang paling lama tidurnya dalam sehari, yakni sebesar 91,7 persen waktunya dipakai untuk tidur. Lama banget!

Sumber: www.idntimes.com