Jambu biji adalah buah yang manis dengan bau yang tajam. Buah ini berbentuk oval dengan kulit hijau muda atau kuning dan mengandung biji yang bisa dimakan. Kandungan nutrisi yang tinggi memberi jambu biji manfaat kesehatan yang tak terhitung banyaknya. Daun pohon jambu biji bisa digunakan untuk menyiapkan teh daun jambu biji, yang digunakan untuk mengobati diare di negara India dan China. Berikut adalah beberapa manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh: 

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Antioksidan dan vitamin dalam jambu biji dapat melindungi jantung dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, serat larut dan kalium dalam jambu biji juga berkontribusi terhadap kesehatan jantung.

2. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat dalam jambu biji dapat membuat kamu merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Buah ini juga rendah kalori yang membuatnya menjadi camilan yang ideal untuk menurunkan berat badan.

3. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat meningkatkan dan mengendalikan kadar gula darah dan resistensi insulin. Studi lain menemukan bahwa minum teh daun jambu biji mengurangi kadar gula darah setelah makan.

4. Mencegah kanker

Antioksidan yang kuat dalam ekstrak jambu biji dan daun jambu biji dapat mencegah radikal bebas dari merusak sel-sel sehat, sehingga mencegah kanker. Khasiat antikanker jambu biji dan daunnya bisa mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

5. Memperkuat kekebalan

Jambu biji adalah sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan yang larut dalam air yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sifat antimikroba jambu biji membantu dalam membunuh bakteri dan virus jahat yang dapat menyebabkan infeksi.

Sumber: www.okezone.com