Berjualan merupakan aktivitas yang umum kita jumpai. Kini semakin banyak orang yang memilih berjualan sebagai sumber penghasilan. Apalagi dengan adanya toko online dan media sosial yang amat membantu dan mempermudah kegiatan ini. Meski semangat berjualan demi mendapatkan untung banyak dalam waktu singkat, sebisa mungkin kendalikan diri kamu untuk tidak melakukan hal-hal berikut ini:

1. Spamming di media sosial

Mempromosikan barang dagangan di media sosial sudah menjadi hal yang umum. Tapi sebaiknya kamu tetap memperhatikan faktor kenyamanan teman-teman. Jangan terlalu sering menawarkan barang dagangan, apalagi sampai membuat lini masa isinya penuh dengan promosi dagangan kamu. Kalaupun mau memanfaatkan media sosial untuk promosi, sebaiknya kamu buat akun baru yang khusus untuk menjalankan bisnis kamu. Atau, kamu juga bisa memanfaatkan fitur khusus untuk berniaga yang telah disediakan oleh media sosial. Contohnya Facebook yang menyediakan fitur bernama Marketplace.

2. Banting harga

Harga yang terlalu mahal bisa membuat orang berpikir ulang untuk membeli. Meski begitu, kamu jangan sampai menurunkan harga barang dagangan kamu serendah-rendahnya alias banting harga. Hapus pemikiran “yang penting laku” dari otak kamu. Membanting harga hingga menjadi sangat rendah bukan hanya merugikan diri kamu sendiri, tetapi juga para pedagang lain. Berusahalah untuk membangun kepercayaan calon pembeli terhadap kamu. Niscaya dengan kepercayaan mereka akan dengan senang hati membeli barang dagangan kamu tanpa terlalu memikirkan harga.

3. Menghalalkan segala cara

Kamu mungkin pernah mendengar istilah “penglaris”, semacam kepercayaan yang digunakan untuk memperlancar usaha atau bisnis yang dijalankan. Dalam dunia usaha, terkadang ada saja orang yang tidak sabar ingin cepat mendapatkan keuntungan besar atau menyingkirkan saingan, sehingga mereka nekat melakukan hal yang tidak baik. Sebisa mungkin tahan diri kamu dari godaan seperti itu. Selalu sabar, optimistis, dan berpikir positif. Jika kamu ingin sukses, kamu harus selalu belajar, berusaha, bekerja keras dan berdoa kepada Tuhan.

4. Tidak konsisten

Sebelum memutuskan untuk berjualan, sebaiknya kamu pikir dan timbang baik-baik berbagai hal, seperti minat, jenis produk atau barang, modal, waktu, target, dan sebagainya. Sebaiknya pula semua hal itu disesuaikan dengan kondisi dan situasi diri kamu. Jangan terpengaruh atau terpancing dengan kesuksesan orang lain. Belum tentu usaha yang dijalankan oleh orang lain sesuai untukmu. Jika kamu terus-menerus berganti konsep dan rencana, kamu bakal keburu kehabisan waktu, momen, dan modal. Bisa-bisa nanti jualan kamu malah berjalan tidak maksimal.

5. Rakus keuntungan

Tujuan utama berbisnis adalah memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya. Meski begitu, menjual barang dengan harga yang terlalu mahal demi mendapatkan keuntungan besar tidaklah etis. Apalagi jika kualitas produk biasa-biasa saja, bahkan di bawah standar. Harga barang yang terlalu mahal akan membuat orang malas untuk membeli. Mereka yang terlanjur membeli pun kemungkinan besar merasa kapok berbelanja di toko kamu lagi karena merasa telah dijebak dan ditipu. Niat mencari untung besar malah rugi besar, bukan?

Berdagang atau berjualan kelihatannya mudah. Namun sebenarnya kamu dituntut untuk cerdik, tekun, dan menggunakan strategi yang tepat supaya usaha atau bisnis yang kamu jalankan bisa terus eksis, berkembang, dan maju. Tetap semangat, guys!

Sumber: www.idntimes.com