Jika anda merasa saat ini lingkaran sosial anda terlampau sempit, berusahalah untuk memperluasnya. Pasalnya sebuah lingkaran sosial dapat membawa berbagai kemungkinan, seperti halnya relasi bisnis baru atau mungkin jodoh yang selama ini dinanti. Tips-nya jangan malu untuk memperkenalkan diri dan cobalah lakukan beberapa kiat berikut:

1. Hadiri Acara Kantor

Sesibuk apapun anda dengan pekerjaan, jangan lupa untuk hadir di acara kantor atau event yang berbau bisnis. Acara ini mempertemukan anda dengan orang-orang dari lingkungan dan latar belakang yang hampir mirip dengan amda. Terlagi, tak sulit bagi anda untuk membuka bahan pembicaraan saat berasal dari latar belakang yang sama.

2. Ikut Kegiatan Tambahan

Sekali mendayung, dua pulau terlampaui. Selain jika mengikuti kegiatan tambahan seperti kursus atau pelatihan, ilmu baru bisa didapat, anda juga dapat menjalin relasi dengan teman-teman di tempat kursus atau pelatihan yang memiliki minat serta tujuan serupa dengan anda.

3. Olahraga Berkelompok

Saat berolahraga, jangan terlampau sibuk dengan diri anda sendiri. Cobalah mengikuti olahraga berkelompok misalnya sepak bola, basket, tinju, crossfit, klub lari, senam, dan sebagainya. Dijamin, anda pasti akan berkenalan dengan rekan olahraga anda.

4. Travelling

Bepergian secara berkelompok, juga dapat memperluas lingkaran sosial anda. Tak sulit untuk berkenalan dengan orang lain saat anda tengah bepergian. Pasalnya, “gelombang perlindungan” atau disebut juga “bubble” dari diri anda akan pecah dan anda akan lebih berani keluar dari zona nyaman serta mengenal banyak orang.

5. Media sosial

Meski terkesan negatif, media sosial khususnya aplikasi kencan dapat memperluas lingkaran sosial anda. Mengapa aplikasi kencan? Karena aplikasi ini cenderung mengutamakan hubungan interpersonal ketimbang media sosial lain yang menjadi konsumsi banyak orang, namun komunikasi tak terjalin erat.

www.kompas.com